MEREVIEW
KULIAH ONLINE
(PUBLIC
RELATION “ALAT-ALAT HUMAS")
Selamat
datang di blog saya untuk para pembaca sekalian yang lagi ada di rumah, gimana?
bosen gak teman? pastinya. tapi tidak perlu risau dengan keadaan yang sekarang
ini akibat pandemi Covid -19 yang mewabah saat ini sebagian aktiitas yang
biasanya dilakukan di luar rumah kini harus dilakukan di dalam rumah salah
satunya yang dilakukan oleh masisiwa IAI Syarifuddin Wonorejo Kedungjajang
Lumajang, kini mahasisiwa banyak yang melakukan kuliah online. Semua yang pada
ngeluh kuliah online karenena kuota atau kapasitas smartphone yang tidak
memadai tidak usah mikir-mikir lagi….. kalau beli paketan tiap hari kelar !
masak buat kuliah aja masih mikir-mikir sih?
Langsung aja nih….
kita simak penjelasan
materi public relation ini ya teman…..
04 April 2020
Pada
kesempatan kali ini kelas BKI 4 mendapatkan
materi baru dari dosen pengampu yaitu “Alat-alat Humas”.
Humas
pada hakikatnya adalah aktiitas, yang berarti tujuan humas dapat diartikan
dengan tujuan komunikasi, yaitu adanya penguatan dan perubahan kognisai, afeksi
dan perilaku positif public terhadap organisasi atau lembaga. untk mencapai
tugas-tugas, tujuan-tujuan maupun kegiatannya, humas menggunakan alat media
tertentu meliputi:
1. Iklan
2. Pameran
3. Media internal
4. Fotografi
5. Flim
6. Pers
Untuk
pembahasan yang pertama pada materi ini kita akan membahas alat humas berupa
- Iklan Perbadaan mendasar iklan sebagai alasan alat humas dengan melihat pesan yang diiklankan. Selama pesan iklan berkaitan dengan berkaitan dengan produk, maka dapat dikatakan saat itu iklan merupakan media atau alat marketing. Namun ketika iklan membawa pesan yang berkaitan dengan perusahaan, maka saat itu iklan merupakan alat atau media humas. Pada pembahasan ini memiliki 4 jenis iklan yaitu:
a.
Public relations advertising
b.
Institusional advertising
c.
Corperate identity advertising
d.
Recruitment advertising
2. Pameran
Pameran biasanya menampilkan produk-produk perusahaan yang merupakan salah satu media yang dapat member banyak peluang bagi tujuan humas.
3. Media Internal
Media internal atau yang dikenal dengan
istilah majalah Ing-griya, merupakan suatu terbitan yang ditujukan untuk public
internal (karyawan dan keluarga karyawan), berisi tentang beberapa informasi
perusahaan, sifatnya top down maupun bottom up, tujuannya untuk menciptakan
kondisi yang well informed dan membina loyalitas antara karyawan dengan
perusahaan.
4. Fotografi
Dalam humas, foto sangat diperlukan
sebagai bahan publikasi, laporan, berita, iklan, maupun untuk kepentingan
arsip/dokumentasi.
5.
Film
Film bagi humas merupakan media
komunikasi, instruksi, riset, dan sebagainya. Melalui film humas dapat
menyampaikan pesan-pesannya yang tidak hanya film documenter, tetapi film
cerita pun merupakan media yang efektif.
6.
Pers
Termasuk dalam kelompok media massa
adalah radio, televisi, surat kabar, majalah, dan buku. Media massa yang
memiliki sifat serempak, dapat menjangkau khalayak luas dan periodik menjadi
perhatian yang “agak berlebihan” bagi praktik humas.
Berdasarkan alat-alat humas tersebut,
seorang PR juga tak akan luput dari hal-hal yang menyangkut media. Media dapat
digolongkan sebagai media cetak, media elektronik, media massa, dan lainnya.
Media yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu media elektronik
yang menggunakan fasilitas internet di dalamnya. Internet adalah salah satu
sumber informasi dimana dapat digunakan untuk segala aktivitas kehidupan, salah
satunya blog. Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya bentuk
aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting pada
sebuah halaman web umum).
Jadi penjelasan diatas menarik
kesimpulan humas menggunakan alat-alat tersebut guna untuk mempermudah dalam
manjalankan tugas-tugas yang sedang dikerjakan.
Buat temen-temen ada yang baca blog ini,
semoga manfaat yaaa…..
Amin…
.