Selasa, 07 April 2020

PUBLIC RELATION “ALAT-ALAT HUMAS"


MEREVIEW KULIAH ONLINE
(PUBLIC RELATION “ALAT-ALAT HUMAS")



Selamat datang di blog saya untuk para pembaca sekalian yang lagi ada di rumah, gimana? bosen gak teman? pastinya. tapi tidak perlu risau dengan keadaan yang sekarang ini akibat pandemi Covid -19 yang mewabah saat ini sebagian aktiitas yang biasanya dilakukan di luar rumah kini harus dilakukan di dalam rumah salah satunya yang dilakukan oleh masisiwa IAI Syarifuddin Wonorejo Kedungjajang Lumajang, kini mahasisiwa banyak yang melakukan kuliah online. Semua yang pada ngeluh kuliah online karenena kuota atau kapasitas smartphone yang tidak memadai tidak usah mikir-mikir lagi….. kalau beli paketan tiap hari kelar ! masak buat kuliah aja masih mikir-mikir sih?
Langsung aja nih….
kita simak penjelasan materi public relation ini ya teman…..
04 April 2020
Pada kesempatan kali  ini kelas  BKI 4  mendapatkan materi baru dari dosen pengampu yaitu “Alat-alat Humas”.
Humas pada hakikatnya adalah aktiitas, yang berarti tujuan humas dapat diartikan dengan tujuan komunikasi, yaitu adanya penguatan dan perubahan kognisai, afeksi dan perilaku positif public terhadap organisasi atau lembaga. untk mencapai tugas-tugas, tujuan-tujuan maupun kegiatannya, humas menggunakan alat media tertentu meliputi:
1.      Iklan
2.      Pameran
3.      Media internal
4.      Fotografi
5.      Flim
6.      Pers

Untuk pembahasan yang pertama pada materi ini kita akan membahas alat humas berupa
  1. Iklan                  
                                                                                                                                                 Perbadaan mendasar iklan sebagai alasan alat humas dengan melihat pesan yang diiklankan. Selama pesan iklan berkaitan dengan berkaitan dengan produk, maka dapat dikatakan saat itu iklan merupakan media atau alat marketing. Namun ketika iklan membawa pesan yang berkaitan dengan perusahaan, maka saat itu iklan merupakan alat atau media humas. Pada pembahasan ini memiliki 4 jenis iklan yaitu:
a.       Public relations advertising
b.      Institusional advertising
c.       Corperate identity advertising
d.      Recruitment advertising
    
       2. Pameran 
    

        Pameran biasanya menampilkan produk-produk perusahaan yang merupakan salah satu media yang dapat member banyak peluang bagi tujuan humas.   

        3. Media Internal 
 



         Media internal atau yang dikenal dengan istilah majalah Ing-griya, merupakan suatu terbitan yang ditujukan untuk public internal (karyawan dan keluarga karyawan), berisi tentang beberapa informasi perusahaan, sifatnya top down maupun bottom up, tujuannya untuk menciptakan kondisi yang well informed dan membina loyalitas antara karyawan dengan perusahaan.



4. Fotografi

Dalam humas, foto sangat diperlukan sebagai bahan publikasi, laporan, berita, iklan, maupun untuk kepentingan arsip/dokumentasi.


5.       Film

Film bagi humas merupakan media komunikasi, instruksi, riset, dan sebagainya. Melalui film humas dapat menyampaikan pesan-pesannya yang tidak hanya film documenter, tetapi film cerita pun merupakan media yang efektif.

6.      Pers
 
Termasuk dalam kelompok media massa adalah radio, televisi, surat kabar, majalah, dan buku. Media massa yang memiliki sifat serempak, dapat menjangkau khalayak luas dan periodik menjadi perhatian yang “agak berlebihan” bagi praktik humas.

Berdasarkan alat-alat humas tersebut, seorang PR juga tak akan luput dari hal-hal yang menyangkut media. Media dapat digolongkan sebagai media cetak, media elektronik, media massa, dan lainnya. Media yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu media elektronik yang menggunakan fasilitas internet di dalamnya. Internet adalah salah satu sumber informasi dimana dapat digunakan untuk segala aktivitas kehidupan, salah satunya blog. Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum).

Jadi penjelasan diatas menarik kesimpulan humas menggunakan alat-alat tersebut guna untuk mempermudah dalam manjalankan tugas-tugas yang sedang dikerjakan.

Buat temen-temen ada yang baca blog ini, semoga manfaat yaaa…..
Amin…


.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar