Rabu, 29 April 2020


HARUS SEMANGAT!! J


Macam-Macam Humas
28 April 2020
Assalamualaikum Wr. Wb kawan jumpa lagi nih dengan Dwi putri lailatul isnaini, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu kawan ...Amiiin. Di tengah pandemi Covid -19 sekarang ini kelas kami mengadakan kuliah online dengan mata kuliah Public Relation. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid -19 Kegiatan Belajar Mengajar  di liburkan. Jangan senang dulu!, yang libur itu sekolahnya tapi belajarnya tetap dengan adanya tugas yang di berikan Dosen kepada mahasisiwanya. Kuliah online ini bertujuan agar mahasisiwa tetap mendapatkan ilmu yang dapat di pelajari saat di rumah dengan menggunakan aplikasi zoom. Kuliah online ini di adakan pukul 11.00 WIB sang dini hari. Langsung saja yuk simak dulu hasil dari materi yang di sampaikan oleh dosen kami dengan judul macam-macam humas.
Pada kesempatan kali ini kuliah kelas kami mendapatkan materi macam-macam humas, ada beberapa penjelasan yang dapat saya fahami dari perkuliahan tadi siang. Selamat membaca J J.
Macam-macam humas ada beberapa macam sebagai berikut:
1.      Humas Pemerintahan
2.      Humas Industri dan Bisnis
3.      Humas Sosial
4.      Humas Organisasi Internasional
Humas Pemerintahan
Humas dalam pemerintahan ini pada dasarnya tidak bersifat politis. Bagian humas di institusi pemerintahan dibentuk untuk mempublikasikan atau mempromosikan kebijakan-kebijakan mereka. Tugas pemerintah memang sangat berat, sebab masyarakat yang dihadapi terdiri dari berbagai publik dengan kepentingan yang sangat komplek pula. Hal ini memang tidak lepas dari “karakteristik” yang meletak dalam setiap program/kegiatan pemerintah, antara lain sebagai berikut:
a.       Program pemerintah ditunjuk untuk masyarakat luas. Dengan berbagai latar belakang, karakter, ekonomi, pendidikan (intelejensi) yang beragam.
b.      Sering kali hasilnya abstrak, yang sulit dilihat dalam waktu dekat, bahkan dalam jangka yang panjang sekalipun, karena sifatnya yang integral dan berkesinambungan.
c.       Program pemerintah selalu mendapat controlling/pengawasan dari berbagai kalangan terutama pers, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan sebagainya.

Kebanyakan humas pemerintah diarahkan untuk hubungan dengan media, masalah umum, dokumentasi dan publikasi. Sementara itu, kegiatan-kegiatan yang biasanya ditangani oleh humas antara lain adalah konferensi pers, membuat pers release, press clipping, pameran-pameran, penerbitan media interen, mengorganisir pertemuan dengan masyarakat, penerangan melalui berbagai media komunikasi bagi masyarakat, mendokumentasi berbagai kegiatan instansi, mengorganisir kunjungan-kunjungan para pejabat, menerima keluhan masyarakat/publik.
Humas Industri dan Bisnis
Dalam hal ini Humas industri dan bisnis telah diterima oleh perusahaan-perusahaan besar. Humas disana merupakan fungsi menejemen yang turut menentukan suksesnya operasi suatu perusahaan. Humas dalam industri dan bisnis berkembang sering dengan masyarakat terhadapp keputusan-keputusan yang dibuat oleh manajement terutana didalam industri dan bisnis.Kesadaran masyarakat tentang pengaruh keputusan industri dan bisnis terhadap hal-hal diatas dan masyarakat sebagai sasaranmarket industri dan bisnis di sisi yang lain, menimbulkan kesadaran kalangan industri dan bisnis untuk ikut memperhatikan danmelibatkan peranan masyarakat terhadap keputusan mereka.
Masyarakat dapat digunakan oleh industri untuk mempengaruhi legislative, pengesahan undang-undang uatau peraturan, usaha-usaha lobi masyarakat, liputan pers, komentar editorial, surat pembaca ataupun dalam usaha pemberitahuan kepada cabang-cabang perusahaan. Beberapa penerapan humas dalam industri dan bisnis meliputi ; hubungan dengan pelanggan dan peran humas terhadap marketing yang pada akhirnya melahirkan peraturan marketing PR (MPR), hubungan pemegang saham, hubungan dengan karyawan, hubungan dengan pers, bantuan untuk merekrut pegawai baru, hubungan dengan komunitas, hubungan antar perusahaan/organisasi lain, hubungan dengan pemerintahan (legislatif dan eksekutif).
Humas Sosial
Banyak aktivitas humas yang menyangkut kesejahteraan umum terpisah dari implikasi-implikasi komersial yang biasa. Berikut ini beberapa praktik humas dalam organisasi-orgganisasi sosial, latar belakang, dan penerapan-penerapannya.
a.       Humas Penegak Hukum
Termasuk dalam hal ini humas yang berada dalam kepolisian. Penegak hukum perlu mendengarkan dan tanggap terhadap kepentingan umum supaya mereka dapat membantu masyarakat dengan baik.
b.      Humas Organisasi Keagamaan
Organisasi-organisasi keagamaan sekarang mulai menyadari pentingnya media masa untuk mencapai para jamaah dari mempropagandakan doktrin-doktrin mereka.
c.       Humas Profesi
Profesi kedokteran, profesi pengacara, profesi wartawan, profesi artis dan sebagainya, juga tidak kalah dalam menggunakan pendekatan humas untuk berkomunikasi dengan masyarakat.
d.      Humas Organisasi Sukarela
Ada banyak organisasi sukarela, puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan, dan kebanyakan mereka membutuhkan dana terus menerus. Sehingga dapat dikatakan pencarian dana merupakan tujuan pokok dari organisasi ini, dana ini nantinya untuk membiayai kerja sosial, keseahami dalm materi jahteraan masyarakat, dan hal-hal lainnya. Menerbitkan majalah internal, surat edaran, selebaran-selebaran, publikasi, kop surat, dan sebagainya. Citra organisasi sosial sangat penting bagi kesuksesan baik dalam menarik dana bantuan ataupun menjamin kerjasama dari para pekerja sukarela. Disitulah perlunya organisasi sukarela memerlukan nasehat ahli humas dan menggunakan pendekatan kehumasan.
Humas Organisasi Internasional
Lahirnya humas internasional disebabkan oleh adanya perubahan sangat cepat di dalam segala bidang, misalnya perkembangan bidang pariwisata, bidang komunikasi, transportasi, tukar menukar dibidang pendidikan seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, timbulnya masalah internasional, dalam bidang ekonomi, politik dan sebagainya. Petugas humas akan di rekrut dari berbagai negara untuk menghindari bias. Media yang biasa digunakan adalah pers, film, konferensi,study group, dan sebagainya. Jelas bahwa aktivitas humas tidak dapat dibatasi oleh batasan-batasan Negara.

Udah dulu ya kawan itu hasil review hasil kuliah Public Relation. Mungkin sedikit  yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua JJ.




Kamis, 16 April 2020

UTS PASTI BISA



AYO PASTI BISA !!!
13 April 2020
Sebelum menulis artikel ini, saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan humas itu sendri. Dalam artian humas dalam bahasa inggris yaitu public relation yang memiliki arti humbungan masyarakat. Humas pada hakikatnya adalah aktivitas, yang berarti tujuan humas dapat diartikan dengan tujuan komunikasi, yaitu adanya penguatan dan perubahan kognisai, afeksi dan perilaku positif publik terhadap organisasi atau lembaga.
Humas ini bertugas bertanggung jawab dalam membangun dan mempertahankan reputasi, citra, dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan public.
Disini saya akan mengenalkan sebuah bisnis yang mana di dalamnya berkaitan dengan marketing pada UTS kalini saya sebagai mahasiswi IAI Syarifuddin Fakultas Dakwah Prodi BKI 4 mendapatkan soal yang harus dikerjakan tanpa alasan apapun oleh Dosen Pengampu dengan apa yang saya pilih ketika saya di tempatkan di posisi humas. Dengan adanya pernyataan seperti itu, nah disini saya memiliki antusias dalam mengerjakan tugas ini dan berambisi bahwa saya bisa menjadi humas. Ketika saya menjadi humas saya ingin menjadi Fasilitator Komunikasi (Communication Fasilitator)
Dalam hal ini, praktisi Public Relations bertindak sebagai komunikator atau mediator untuk membantu pihak manajemen dalam hal mendengar apa yang diinginnkan dan diharapkan oleh publiknya. Dalam posisi Communication Fasilitator ini Sebagai pintu informasi, peran Fasilitator Komunikasi pada Humas berfungsi sebagai tempat keluar dan masuknya berbagai informasi dari dan untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran fasilitator komunikasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan sebaliknya. Seperti halnya wartawan yang selalu mencari informasi. Bukan hanya itu kita sebagai Humasy yang posisi sebagai fasilitator komunikasi juga bisa mencari informasi yang real sesuai dengan informasi itu di dapat.
Tujuan saya mengambil posisi Fasilitator Komunikasi, karena dalam mata kuliah Public Relation yang mana kami di ajarkan oleh Dosen Pengampu cara mencari iformasi yang benar dan tepat. Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah Perusahaan yang mana dalam perusahaan ini menjalan bisnis kesehatan yang banyak di minati Generation Millenial.
 PT. Perusahaan Melia Sehat Sejahtera yang merupakan Perusahaan Besar  yang legal memiliki perijinan yang dibutuhkan. Perusahaan ini telah berdiri dan eksis lebih dari sepuluh tahun di Indonesia untuk melayani seluruh Leader dan member dengan management yang professional dan memiliki komitmen total untuk membantu para member nya berkembang dan bertumbuh bersama. PT. Melia Sehat Sejahtera bekerjasama dan di dukung penuh secara total oleh partner Perusahaan Manufacturing Besar dari Malaysia yaitu Herbal Science Sdn. Bhd. (Malaysia) dengan produk produk terbaik yang telah terbukti khasiatnya. PT. Melia Sehat Sejahteraadalah pelopor di Bisnis Multilevel Marketing dengan meciptakan Marketing Plan yang telah eksis lebih dari sepuluh tahun yang berpihak kepada member untuk membantu perceptan kesuksesan. PT. Melia Sehat Sejahtera adalah pelopor yang membangun   website pribadi member yang memudahkan para member untuk melihat perkembangan bisnisnya dan bonus-bonus nya.dipimpin oleh pra Group Leader yang memiliki karakter Pemimpin-Pemimpin yang Tangguh, yang terus mendampingi dan mengajarkan semua member untuk meraih sukses bersama menuju kehidupan lebih baik. Memiliki Suport System Exellent Strategy of Network (ESN) sebagai bahan duplikasi pembelajaran membangun jaringan jaringan, Pengembangan Diri, Pengembangan Kepemimpinan, serta pengembangan karakter dan kemandirian ekonomi. PT. Melia Sehat Sejahtera salah satu perusahaan yang ikut serta membangun Bangsa Indonesia dengan Membayar Pajak Perusahaan dan Penghasilan Membernya, salah satu pembayar pajak besar di Indoesia.
Banyak perusahaan yang mencoba meniru produk dan marketing plan PT. Melia Sehat Sejahtera tanpa pengalaman, tanpa pengetahuan serta tanpa komitmen dan selalu gagal.Sebagai perusahaan pelopor serta perusahaan terlama no 2 di dunia dengan system membangun jaringan group. Management nya telah teruji selama bertahun-tahun melayani seluruh Leader dan Member serta memiliki komitmen total untuk berkembang dan bertumbuh bersama member.
  Kami percaya semua orang Berjuang untuk memperoleh Kesuksesan dan Kesejahteraan Hidup yang Layak dan Baik.
Kami percaya dengan berjuang bergotong-royong dan bergandengan-tangan akan lebih mudah memperoleh kesuksesan-bersama menuju kehidupan yang jauh lebih baik.
Komunitas Bisnis Melia Sehat Sejahtera memiliki keyakinan dan Harapan-hidup yang layak dan sejahtera untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta pribadi yang lebih bermanfaat,
Kebutuhan Uang, Makan, Rumah, Sekolah, Mobil, Dan Liburan Bersama Keluarga Tercinta, Itu merupakan salah satu yang kita inginkan dan kita impi-impikan
Di komunitas Melia Sehat Sejahtera Memiliki Program Peluang Penghasilan untuk anda dengan Marketing Plan yang telah teruji AMAN, dengan system pembayaran HARIAN, MINGGUAN & BULANAN.
Kita akan memiliki pengahsilan Cepat & Besar dari ratusan ribu hingga Jutaan Rupiah Setiap Hari dengan mampu memenuhi kebutuhan Primer & Sekunder Kehidupannya.
 
    PERMASALAHAN EKONOMI…???
Banyak orang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar pangan, sandang, tempat tinggal, kesehatan, dan pendidikan, bagaimana benarkah ? akan tetapi setiap orang beharap sukses dalam kehidupannya, dan kenyataannya sepertinya sukses begitu sulit untuk diraih. terkadang sudah Berusaha & Berjuang sungguh-sungguh sampai mati-matian tetapi belum sukses juga.
    Bahwa Komunitas Bisnis Melia Sehat Sejahtera adalah kendaraan tepat dan yakin bisa membuat hidup anda jauh lebih baik dari hidup anda hari ini. Anda memang sudah seharusnya percaya bahwa Komunitas bisnis Melia Sehat Sejahtera bisa merubah hidup anda jauh lebih baik, mengapa? Karena Komunitas Melia Sehat Sejahtera sudah terbukti dan teruji selama 16 tahun telah banyak masyarkat indonesia senusantara merubah hidup orang menjadi sukses dan jauh lebih baik.
Cara Cerdas Untuk Sukses Di Bisnis MELIA SEHAT SEJAHTERA
Ketika anda sudah memutuskan untuk memilih serius menjalankan bisnis jaringan atau bisnis Melia Sehat Sejahtera, maka anda harus betul-betul mulai mempersiapkan berbagai hal untuk mengembangkan bisnis tersebut. Mulai dari waktu, konsistensi, kesabaran, ketelatenan yang semuanya berporos pada kemauan anda yang benar-benar mau untuk menjalankan bisnis itu.
Sebelum anda mengenal bisnis jaringan atau bisnis MLM bisa jadi anda mempunyai pemikiran bahwa untuk melampaui orang-orang yang sukses menurut anda, maka anda harus bekerja keras untuk dapat meraih bahkan melampaui lebih dari orang-orang tersebut, meski pada kenyataannya bisa jadi orang-orang tersebut lebih santai dalam menjalankan pekerjaannya dibanding anda.
Akan tetapi dalam bisnis jaringan atau bisnis MLM hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Walaupan tidak dipungkiri bahwa ketika untuk bekerja keras akan selalu penting anda lakukan, tetapi bukan merupakan satu-satunya syarat dalam mencapai impian dan kesuksesan.
Sukses adalah bagaimana anda bisa bekerja lebih cerdas dalam menggunakan cara yang berbeda dari yang biasanya anda lakukan sebelumnya ketika mengerjakan sesuatu. Bisnis jaringan atau bisnis MLM di Melia Sehat Sejahtera memungkinkan anda untuk melakukan hal-hal tersebut. Dan dalam bisnis jaringan atau bisnis MLM anda bisa belajar dengan mereka yang lebih dulu sukses dan berhasil di bisnis ini. Jadi anda harus mulai belajar untuk bekerja lebih cerdas dalam bisnis MLM, bukan hanya bekerja lebih keras tetapi hasilnya justru kurang maksimal.
 
Cara Cerdas Agar Sukses di Bisnis Melia Sehat Sejahtera
1.      Buatlah dream book atau buku harian impian.
Tulis di dalamnya impian-impian yang ingin dicapai, kapan impian tersebut ingin diwujudkan, bagaimana cara mewujudkannya, dan seberapa banyak aktifitas yang harus dikerjakan untuk mewujudkan impian tersebut. Buku harian impian ini akan membantu Sobat untuk fokus terhadap tujuan berbisnis sekaligus sebagai penyemangat saat mengalami stagnansi/kemacetan usaha atau merasakan kejenuhan.
2.      Berani berkomitmen.
Untuk dapat menjadi bagian dari tim inti upline, Sobat harus berani berkomitmen. Komitmen ini meliputi kemauan keras untuk belajar dan menerapkan ilmu bisnis yang diajarkan baik melalui buku panduan, rekaman suara, maupun rekaman video training. Bersemangat dalam mengikuti training-training yang diadakan. Menjadi pengguna produk sepenuhnya dan aktif mengajak orang lain untuk menggunakan produk Melia Sehat sejahtera. Menjalin kerjasama yang bagus dengan para upline dan downline.
3.      Susun database yang berisi data prospek.
Masukkan 50 ? 100 nama ke dalam daftar prospek, dimulai dari anggota keluarga terdekat, sahabat, teman, tetangga, maupun rekan kerja, serta prospek yang didapatkan dari hasil beriklan.
4.      Kerjakan aktivitas online marketing.
Mulailah mempromosikan bisnis Melia Sehat Sejahtera melalui website atau blog yang anda buat maupun melalui social media ( facebook, twitter, infogue, lintasme dll).
5.      Bangun citra positif sebagai pebisnis MLM sukses.
Bila anda dapat membangun citra positif sebagai pebisnis MLM yang sukses, maka akan banyak prospek berdatangan dan tertarik untuk bergabung dengan bisnis MSS anda. Ajak prospek untuk lebih mengenal anda, menyukai anda, dan pada akhirnya mempercayai anda.
6.      Jaga komunikasi baik dengan prospek dan Jaringan.
Bangun hubungan pertemanan yang baik, jawab pertanyaan-pertanyaan prospek dan downline dengan baik, ajak prospek untuk menggunakan produk Melia, lakukan pertemuan rutin yang membahas tentang bisnis Melia Sehat Sejahtera.
7.      Tinjau ulang perkembangan strategi bisnis yang digunakan.
Setiap malam, lakukan peninjauan ulang terhadap strategi bisnis anda. Diskusikan dengan upline anda untuk menemukan solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan yang muncul. Bila diperlukan, susun rencana strategi bisnis baru.
8.      Ajarkan duplikasi pada Jaringan.
Ajarkan pada Jaringan untuk menduplikasi apa yang anda kerjakan. Hal ini penting dilakukan agar bisnis MSS anda terus berkembang dan tidak mengalami kemunduran.
Dalam menjalankan tugas menjadi humas dalam sebuah perusahaan harus menggunakan alat-alat yang dapat memudahkan dalam bertugas. Alat-alat humas yang akan kami gunakan sebagai alat untuk mempublikasikan kepada masyarakat untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.
Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi, ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti dalam perusahaan yang mana perusahaan ini menjual produk kesehatan dan disini saya akan mulai mempromosikan produk seperti memberi bonus. diskon berapa pesen yang sesuai dengan target yang ingin di capai, dll yang dapat menarik pelanggan untuk membeli produk yang kami jual. Dengan adanya pandemic Covid -19 dan dalam produk yang kami jual salah satu obat pencegah serta dapat membantu menyembuhkan virus Covid -19 yang menyebar hampir seluruh Negara salah satunya Indonesia yang hampir semua daerah teridentifikasi read zone yang membuat resah semua masyarakat. Nah, kesempatan ini yg di jadikan peluang bagi perusahaan kami yang di jadikan sorotan masyarakat. Dengan cara lain iklan juga bisa di tampilkan dengan design seperti banner atau poster yang di pasang di jalan atau tempat umum yang biasa ramai dan juga kita bisa membuat brosur tentang produk yang akan di jual dengan design yang dapat menarik konsumen agar membeli produk yang kami jual. 

Produk PT. Melia Sehat sejahtera memposting iklan memakai design berbentuk perse dengan gambar produk, khasiat, dan kami beri tulisan tentang (Produk Asli PT. Melia Sehat Sejahtera Tidak Dijual Di Toko Obat dan Online Shop Seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Website, dll. Produk Asli Hanya Dari Kami Member & Leader Aktif PT. MSS) dengan adanya tulisan imembuat konsumen percaya dengan produk kami yang masih berjalan sampai saat ini. Kemudian iklan juga  berisi tentan informasi perusahaan untuk menunjukkan letak perusahaan terletak dan kasih juga no hp yang bisa di hubungi oleh konsumen. 
Pameran pada kali ini saya akan menjelaskan apa arti seebuah pameran dalam humlas Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pameran adalah salah satu bentuk penyajian karya seni rupa agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung. Makna komunikasi di sini berarti karya-karya seni rupa yang dipajang tersaji dengan baik. Sehingga para pemirsa dapat mengamati karya seni rupa dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis dan pemahaman nilai-nilai seni yang dipamerkan. Dalam menyelenggarakan pameran diperlukan pengetahuan manajemen tata pameran untuk mencapai penyelenggaraan pameran yang baik. Manajemen tata pameran mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa kepada publik melalui media karya seninya. Melalui kegiatan pameran diharapkan terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan orang yang menikmati karya seni (apresiator). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pameran adalah pertunjukan hasil karya seni, barang hasil produksi dan sebagainya. Menurut Kamus Oxford, pameran adalah tampilan publik karya seni atau barang menarik, diadakan di galeri seni atau museum atau di pameran perdagangan (trade fair). Dikutip dari situs resmi Galeri Nasional, pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Bahkan sering sekali juga event-event yang di dukung oleh pemerintah, ini dapat membantu berkembangnya sektor UKM yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan produk ke masyarakat luas. berkembangnya sektor UKM yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan produk ke masyarakat luas. Pameran merupakan Sarana Pengenalan Produk Baru yang Efektif Dengan mengikuti ajang pameran, dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk ajang pengenalan produk ke masyarakat. Disebuah pameran jika event tersebut merupakan event yang sudah di kenal oleh masyarakat, maka bukan tidak mungkin akan banyak sekali calon konsumen yang berpotensi menggunakan produk baru kita. Sehingga akan sangat di sayangkan jika kita melewati event-event seperti ini. Selain sarana pengenalan produk baru yang efektif, pameran juga dapat di manfaatkan untuk mengenalkan inovasi baru pada produk yang sudah lama di kenal. Seperti yang kita ketahui bahwa inovasi sangat penting di lakukan untuk produk yang telah lama beredar, agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. Masih banyak lagi manfaat yang bisa di ambil dari keikutsertaan pada event pameran untuk kemajuan bisnis. Menurut Small Bussiness Admisnistration (SBA) Amerika Serikat, berikut manfaat bila mengikuti pameran untuk pemilik bisnis:
1.      Mendapatkan Calon Pembeli (Sales Leads)
Melalui pameran yang diadakan, sebagai pemilik usaha tentunya ini adalah peluang bagus untuk mengenalkan produk atau jasa kepada pengunjung yang tertarget, karena di pameran tentunya pengunjung yang datang merupakan orang-orang yang tertarik dengan tema pameran yang diadakan dan berniat untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa dipameran tersebut. Meskipun pameran hanya berlangsung beberapa hari saja, namun peluang untuk melebarkan sayap bisnis sangat terbuka lebar. Seperti pertambahan jumlah pelanggan baru serta order yang akan bertambah setelah mengikuti event pameran.
2.      Menghasilkan Transaksi Selama Pameran



Selama pameran berlangsung, kita pun bisa mengoptimalkan jumlah transaksi penjualan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memberikan diskon, kupon hadiah, hingga bonus menarik lainnya. Dan tidak lupa pula, kita harus buat stand menjadi semenarik mungkin agar stand ramai kunjungan. Serta kebersihan dan kerapian juga harus selalu dijaga.
3.       Meningkatkan Image dan Visibilitas
Di ajang memperkanalkan produk atau jasa ini, produk bisa dilihat oleh ribuan pasang mata pengunjung pameran tersebut. Ini kesempatan emas untuk membranding image produk ataupun jasa. Dengan begitu, awareness di benak pengunjung akan mudah tertanam. Dan visual merupakan aspek penting untuk diperhatikan.
4.        Membidik Pengunjung Spesifik
Jika kita memiliki segmentasi pasar yang khusus, mengikuti pameran merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaring pasar. Meskipun, banyak konsumen yang datang hanya sekedar melihat-lihat. Namun, pasti ada ratusan konsumen yang datang untuk tujuan khusus yaitu membeli produk atau menggunakan jasa kita.
5.       Memperbaiki Efektifitas dan Efisiensi untuk Berbagai Upaya Marketing
Saat sedang mengikuti pameran, kita diumpamakan menebar jala di laut. Siapa yang datang ke stand kita adalah ikan yang terjaring. Ini juga sekaligus untuk survei langsung sejauh mana efeketifitas dan efisiensi strategi marketing bisnis kita selama ini. Jika sudah menemukan bagian mana yang perlu diperbaiki, kita bisa bersegera untuk inovasi dengan strategi baru.
6.      Sebagai Ajang Menambah Network
Pameran besar yang sudah tersohor bagaikan magnet yang mengundang semua pihak yang terkait dengan institusi tersebut, mulai dari pemasok, pinsipal, distributor, investor, lembaga riset, media, dan tentu saja pelanggan. Ini merupakan peluang bagus untuk memperluas kemitraan, dan tidak menutup kemungkinan bisa bekerjasama di masa mendatang. Event pameran merupakan media marketing yang amat kuat.
7.      Untuk Mengenal Potensi Pesaing
Pameran diikuti banyak pelaku bisnis atau usaha. Melalui pameran tersebut, kita bisa sekaligus menjaring informasi tentang pesaing, seperti harga produk, produk unggulan, peralatan yang digunakan. Atau sekadar mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis mereka.
    Efek Viral Marketing
Software Analisa Pasar Paling Laris! Jualan Makin Laris Dengan ...
Pameran juga sering dijadikan ajang untuk membuat merek kita menjadi viral atau menyebar dengan cepat di sosial media dan dibicarakan banyak orang. Contohnya saja, kita bisa membuat background yang unik agar pengunjung kita bisa berfoto dan menguploadnya di Instagram, atau membuat promosi khusus bagi pengunjung yang mengupload foto ke Instagram akan mendapat diskon, atau banyak lagi. Harus bisa menggunakan imajinasi dan manfaatkan momentum pameran tersebut.
    Belajar Dari Pembeli Secara Langsung
Untuk sebagian orang, pameran merupakan salah satu cara terbaik untuk memvalidasi ide bisnis atau produk yang mereka jual. Disinilah saatnya kita bisa mengobrol langsung dengan pembeli atau pengunjung yang tertarik. Disini kita akan belajar kenapa orang tidak jadi membeli? Kenapa mereka membeli merek kompetitor? Apa pendapat pembeli mengenai produk atau jasa kita? Dimana kurangnya? Dan banyak pertanyaan lain akan terjawab saat berbicara langsung dengan pembeli dalam pameran, baik secara langsung atapun tidak.
    Untuk Riset Trend Pasar
Dalam pameran juga kita mendapatkan informasi trend pasar yang sedang di gemari masyarakat, dengan cara melihat minat pengunjung terhadap produk yang ada di dalam pameran tersebut. Dengan begitu kita bisa memperkirakan strategi apa yang diperlukan untuk dapat lebih mengembangkan bisnis yang kita jalankan.
    Mengevaluasi Kualitas Tim Kerja
Terakhir, dengan mengikuti pameran juga kita bisa mengevaluasi sejauh mana kualitas kerja dari sumber daya yang di miliki. Terutamanya untuk bidang marketing, kita bisa mengetahui bagaimana kerjasama antar tim dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa selama event berlangsung.
Dari manfaat mengikuti pameran di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa keuntungan mengikuti event pameran adalah pemilik bisnis terbantu untuk mengenalkan produknya, namun ada pula ruginya karena tidak semua pameran ramai dikunjungi pengunjung. Oleh karena itu kita harus jeli dalam memilih kegiatan pameran yang ditawarkan. Sebelum mengikuti sebuah pameran, ada baikny  kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:
    Mencari informasi mengenai siapa, kapan dan dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.
    Mengecek terlebih dahulu mengenai jumlah pengunjung pameran. Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung pameran terakhir yang diadakan organisasi tersebut. Menghindari pameran yang jumlah pengunjunngnya cenderung sedikit. Selain itu sebagai bahan pertimbangan, kita bisa juga melihat testimoni dari para peserta pameran sebelumnya.
    Berapa banyak stand yang ditawarkan dan berapa biaya yang ditawarkan. Sebelum kita mengambil keputusan untuk mengikuti pameran, sebaiknya meminta kepastian dari panitia mengenai jumlah stand yang diperbolehkan mengikuti pameran.
    Menanyakan sarana pendukung pameran, lebih baik jangan mengiyakan sebuah pameran jika kita belum mengetahui tentang sarana promosi yang diberikan selama pameran berlangsung. Memperhitungkan juga antara biaya yang kita keluarkan untuk mengikuti pameran dengan sarana yang diberikan panitia. Bila dirasa tidak seimbang, lebih baik tidak mengambil pameran tersebut. Dalam hal ini humas mencari semua info agar pameran tersebut sukses dengan adanya pameran produk perusahaan semakin di kenal banyak orang , oleh karena itu humas memiliki peranan penting.
            Media Internal Media Internal atau yang dulunya disebut House Journal merupakan salah satu media bentuk kegiatan Public Relations. Tujuannya diarahkan pada pencapaian tujuan dari perusahaan/ lembaga itu sendiri dan membangun citra positif publik terhadap perusahaan/lembaga dengan harapan untuk mendapat dukungan dari publik. Fungsi  dari media internal sebagai media humas atau media internal perusahaan yaitu media komunikasi, informasi, pendidikan, hiburan dan pengetahuan.Menurut Ruslan dalam buku Manajemen Public Relation & Media Komunikasi, untuk mengelola suatu media internal terdapat beberapa fungsi media internal, yaitu :
1.      Sebagai   media   hubungan   komunikasi   internal   atau   eksternal,   yang   diedarkan   atau diberikan  secara  gratis  dalam  upaya  penyampaian  pesan-pesan,  informasi,  dan  berita mengenai  aktivitas  perusahaan,  manfaat  produk  barang/jasa  dan  publikasi  lainnya  yang ditujukan kepada para konsumen, pelanggan, distributor, supplier, relasi bisnis, dan yang lainnya.
2.      Sebagai ajang komunikasi khusus antar karyawan, misalnya ucapan selamat ulang tahun, informasi   kelahiran   bayi   dari   keluarga   karyawan,   adanya   pegawai/karyawan   baru, kegiatan  olah  raga,  wisata,  keagamaan,  kesehatan  hingga  berita  duka  cita  dan  kegiatan sosial lainnya.
3.      Sebagai sarana media untuk “pelatihan dan pendidikan” dalam  bidang tulis  menulis  bagi karyawan,  swerta  staf  humas  yang  berbakat  atau  berpotensi  sebagai  penulis  ilmiah popular. Terdapat   nilai   tambah   (value   added)   dari   departemen   humas   untuk   menunjukan kemampuan  dalam  upaya  menerbitkan  media  khusus  yaitu  In  House  Journal  yang bermutu,  kontinu,  terbit  secara  berkala  dan  teratur,  dengan  penampilan  yang  profesional baik kualitas maupun segi kuantitas berita, layout, isi halaman, susunan redaktur, gambar yang ditata dengan apik dan lebih menarik,  segi cover atau seninya serta tata warna dan sebagainya. ( 2003 : 180)
Tujuan Media Humas
·         Promosi & tingkatkan pemasaran
·         Komunikasi berkesinambungan.
·         Tingkatkan kepercayaan publik.
·         Tingkatkan citra perusahaan/organisasi
Jenis Media Humas
·         Media Cetak (jurnal inhouse, surat kabar, majalah, dll)
·         Online Media (website, blog, media sosial, email, dll)
·         Broadcasting Media (radio, televisi, dll)
·         Special Event (seminar, workshops..dll)
·         Outdoor Media - Media Luar Ruang (spanduk, papan reklame, poster, dll)
Pemilihan Media
a.    Radio
Plus : penyampaian gagasan sederhana dan langsung, teks luwes (mudah dikoreksi), punya publik khusus;
Minus : dialog dan materi kurang variasi, fakta tak bisa dibeberkan lengkap, melelahkan (suara dan waktu terbatas), hanya bisa didengarkan sekali.
b.    Siaran televisi
Plus : jangkau masyarakat luas, audio visual;
Minus : biaya mahal, komunikasi satu arah, siaran cepat, daya beli mahal.
c.    Surat kabar
Plus : menjangkau semua lapisan masyarakat, murah;
Minus: penyampaian berita tergantung penulis (isi sudah benar? mudah dimengerti  dan dicerna awam? dll).
d.    Media Online
Plus: Trending, terutama media sosial & blog, menjangkau seluruh lapisan masyarakat, menjangkau seluruh dunia (internasional), dapat diakses kapan dan di mana saja, terdokumentasi.
Minus: butuh akses internet, SDM bidang media online masih terbatas, butuh keterampilan khusus mengelola & menulis di media online (internet).
 Keahlian yang harus dimiliki praktisi humas
Keahlian yang harus dimiliki praktisi humas ata staf public relations (PR) utamanya keterampilan komunikasi lisan (public speaking) dan komunikasi tulisan (menulis). Berikut ini keahlian yang harus dimiliki praktisi humas menurut Cutlip, Centre, dan Broom dalam Effective Public Relations dalam Komunikasi Antar Pribadi karya Dra. Yusriah Nasution, M.Pd.
1.        Writing (Menulis)
Menulis adalah keahlian utama yang harus dimiliki seorang praktisi humas atau petugas PR. Bukan sekadar tulis-menulis sembarangan; tulisan harus memuat unsur "green journalism". Tulisan yang biasa dibuat oleh seorang petugas PR bentuknya sebagai siaran berita atau rilis pers (press release), "surat berita "(newsletter), korespondensi, laporan, buklet, naskah pidato, naskah radio dan TV, skrip film, artikel majalah dan buletin, informasi produk, dan sebagainya.
2.        Editting (Mengedit)
Memeriksa komunikasi internal dan eksternal dalam bentuk publikasi.
3.        Media Relations (Hubungan dengan Media)
Hubungan dengan media, memberikan informasi, menanggapi permintaan informasi.
4.        Special Events (Kejadian khusus)
Merancang dan menangani konferensi pres, pameran, open house, perayaan ulang tahun perusahaan, pengumpulan dana, konteks, penghargaan, dan sebagainya.
5.        Speaking (Berbicara)
Berbicara mewakili organisasi atau merancang penampilan orang lain dihadapan publik.
6.        Production (Produksi)
Berkomunikasi dengan menggunakan keterampilan dan pengetahuan tentang multi media; termasuk seni fotografi, layout brosur,buklet, iklan institusional, publikasi periodikal, rekaman dan audit suara serta video tape, presentasi audio visual, dan lain-lain.

7.        Research (Penelitian)
Mengumpulkan informasi sehingga memudahkan organisasi untuk merencanakan program sesuai kebutuhan publik, monitoring efektivitas program Humas selama pelaksanaan dan evaluasi dampaknya.
8.      Programming & Counselling
Program dan bimbingan yang menentukan kebutuhan, prioritas, tujuaj, publik, sasaran dan strategi, bekerja sama dengan manajemen atau klien untuk proses pemecahan masalah.
9.      Training                                                                                                                                  
Melatih atau bekerja sama dengan wakil-wakil organisasi untuk membuat persiapan menghadapi media, presentasi dan pemunculan publik lainnya.
10.  Management
Kegiatan administrasi operasi fungsi Humas, personalia, keuangan dan program.
Fotgrafi merupakan alat humas yang sering digunakan banyak orang. Maraknya media sosial menjadi salah satu bentuk kebangkitan kembali dunia fotografi. Mengapa demikian? Dengan adanya media sosial yang bervariasi bisa mengakomodasi foto sebagai media berita, dokumentasi, bisnis, hingga bahan perbincangan interaksi online. Kehadiran media sosial lebih dari sekedar pemenuhan kebutuhan informasi, juga digunakan sebagai sarana hiburan atau pengisi waktu luang (Nugroho, 2017). Salah satu fenomena yang dapat kita amati adalah pada penggunaan Instagram, yang mana platform media sosial ini mengutamakan penggunaan foto sebagai basisnya, sehingga setiap pengguna akan berlomba-lomba untuk memuat hasil jepretan mereka di sosial media ini. Belum lagi dilihat dari banyaknya penggunaan profile picture di setiap platform media sosial, atau postingan foto eksklusif yang juga ikut mendongkrak industri telepon genggam untuk berlomba-lomba memasangkan kamera canggih terkini untuk unit-unitnya.
Pada jaman dahulu, fotografi merupakan kegiatan yang hanya dapat dikerjakan oleh orang-ornag yang memiliki kompetensi di bidang tersebut. Namun saat ini dengan adanya perkembangan teknologi, fotografi sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan oleh semua kalangan. Proses komunikasi dan berinteraksi juga semakin dimudahkan dengan adanya teknologi, salah satunya melalui fotografi. Siapa yang menyangka bahwa foto-foto yang diatur sedemikian rupa, foto yang dipilih dan diunggah pada media sosial merupakan salah satu cara seseorang berkomunikasi, misalnya orang-orang yang seringkali mengunggah foto-foto travelling secara tidak langsung menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki jiwa petualang, cinta dengan alam dan berbagai pesan lain yang ingin disampaikan.
Mengapa fotografi bisa disebut dengan seni berkomunikasi? Fotografi memiliki kelebihan, salah satunya adalah mampu merekan peristiwa, momen-momen yang aktual, dapat dipercaya dan mengandung nilai, sehingga fotografi dapat berfungsi sebagai alat komunikasi berbasis visual. Fotografi memiliki kemampuan untuk menceritakan suatu peristiwa dengan real dan apa adanya, sehingga dari sinilah fotografi juga bisa digunakan sebagai media berekspresi. Hal tersebut diperkuat oleh Nugroho (2017) yang menyatakan bahwa penyajian visual berperan besar pada pembentukan opini publik, oleh karena itu para fotografer jurnalistik maupun fotografer seni pernah meyakini bahwa fotografi dapat berperan dan bertanggung jawab dalam pembentukan masyarakat yang ideal.
Selain itu fotografi ini di gunakan untuk bisnis. Peluang usaha fotografi selalu ada dan bertambah pesat meski hampir semua orang sudah punya kamera HP. Faktanya, pengusaha fotografi yang cerdik malah bisa menangkap kondisi saat ini sebagai peluang untuk melipatgandakan usahanya. Sekarang saya akan mengajak anda membahas tiga hal berikut. Anda bisa lompat xke salah satu bagian yang anda suka.
Peluang Usaha Fotografi di Era Sekarang. Memulai Fotografer Freelance, kenapa tidak? Bisnis Fotografi Peluang Usaha Fotografi di Era Sekarang. Berikut ini peluang udaha foto yang tetap menghasilkan banyak uang utntuk anda
1.      Membuka cetak foto dan studio foto digital
Smartphone seperti sekarang ini usaha cetak foto makin laris. Bayangkan saja, makin banyak orang yang memfoto anaknya yang balita lalu mencetaknya untuk di pajang. Mereka punya lebih banyak foto untuk dipilih kanx?
Saat ini banyak yang membutuhkan cetak foto formal ukuran 3×4 atau 4×6, kebutuhannya untuk melamar kerja, mendaftar sekolah, dan hal sejenis lainnya. Nah Anda bisa membuka usaha jenis ini. Saran saya, Anda cetak saja secara digital lewat printer yang bagus. Waktunya cepat, 5 menit saja, dan biayanya juga hemat.
2.      Membuka usaha foto box
Nah tahukah Anda kalau di mall-mall banyak foto box. Mereka menyewakan jasa foto dan aksesoris untuk berfoto lucu. Ini sangat disukai anak-anak muda jaman sekarang lho.
3.      Bekerja sama dengan Event Organizer atau Wedding Organizer
Oke, ini memang sudah biasa. Namun, mau bagaimana lagi inilah segmen di mana bisnis fotografi sangat laris. Yup fotografer acara harganya memang mahal. Misalnya saja prewedding.

Peluang usaha fotografi
Pemilik acara rela membayar mahal agar acara mereka terekam  dengan sempurna. Nah profesionalisme Anda bisa menangkap peluang ini kan? Lebih bagus lagi kalau Anda bekerja sama dengan pebisnis event organizer, bakal banyak acara yang Anda foto.
ingin tahu lebih banyak tentang event organizer? yuk baca : Peluang usaha event organizer
Cara Memulai Usaha Fotografi
Sekarang ini dunia fotografi sangat melejit dan pesat. Hal ini tidak seperti zaman dahulu yang masih tetap dimonopoli dengan fotografer professional. Namun untuk saat ini, justru banyak peluang usaha fotografi yang didasari oleh keingintahuan dan hobi. Dengan niat yang tinggi, maka akan menjadi peluang tersendiri.

1.       Belajar Fotografi
Anda berminat? Mengawalinya dengan belajar Teknik fotografi. Karena Teknik fotografi kini dapat dipelajari dan semakin luas. Teknik fotografi terbilang mutlak untuk diketahui oleh para fotografer. Triangle Photography atau Segitiga Fotografi adalah pelajaran yang harus diketahui oleh seorang fotografer.
Terdapat 3 elemen utama dalam Segitiga Fotografi tersebut, yakni Shutter speed, Aperature, dan ISO. Ketiganya sangat berperan dalam dunia fotografi. Semua jenis kamera memiliki shutter atau sering disebut dengan tirai, serta kecepatan membuka dan menutupnya disebut shutter speed. Ini berkaitan dengan blur dari hasil fotografi. Karena shake dan cahaya yang terlalu banyak akan mempengaruhi kualitas dan hasil dari fotografi tersebut. Selain itu juga ada Aperature atau tingkap yang terdapat pada lensa pembentuk. Dan dapat dibuka lebar maupun kecil. Yang ketiga adalah ISO yang berkenaan dengan kepekaan sensor sebuah kamera. Dimana sensitivitas kamera akan sangat berpengaruh dengan hasil gambar yang didapatkan.
2.      Makin Ahli Dengan Membuka Usaha
Niat adalah hal utama untuk memulai usaha di bidang Fotografi ini. terlebih bila memang sudah menjadi hobi bagi anda. Maka akan memberikan kemudahan dan keingintahuan yang sangat tinggi. Belum lagi daya kreatifitas yang terus terjaga dengan didasari media dan wawasan yang mumpuni, karena ketika seseorang sudah mencintai dunia fotografi, maka secara otomatis akan tertanam keingintahuan dan bahkan menjadi hobi yang luar biasa memberikan keindahan tersendiri. Kepuasan menjadi kunci sukses untuk memulai usaha menggiurkan yang satu ini.
Fotografer Freelance
Dengan anda sudah mencintai suatu hobi dan ingin terus berkarya, kenapa tidak bila mencobanya untuk juga menjadi peluang bisnis??. Dengan tekat kuat dan berani untuk menjadi professional dan mengedepankan profesionalitas, maka anda dapat memulai usaha dengan menerima tawaran-tawaran yang akan melatih tingkat profesionalitas anda, seperti tawaran pre-wedding, wisuda taman kanak-kanak, foto ijazah, dan lain sebagainya.
Banyak hal yang dapat anda manfaatkan untuk mengasah banyak hal yang berkaitan dengan fotografi. Karena anda akan semakin semangat bila pundi-pundi rupiah yang anda dapatkan sebanding dengan kerja keras dan didasari dengan hobi serta tulus ikhlas. Selain itu, pengalaman baru adalah prestasi lanjutan untuk meraih profesionalitas. Karena dengan kerja keras, anda akan dapat menjamu diri dengan kreatifitas tanpa batas. Selain itu juga jangan pernah takut untuk mencoba. Hal ini yang akan menjadi tombak anda dalam menyukseskan diri dalam dunia fotografi.
3.      Menjadi Fotografer Freelance
Memulai usaha fotografi dengan menjadi fotografer freelance tidak ada salahnya bukan??. Bila dengan mengawali karir dari ‘nol’ dapat memberikan kisah kesuksesan yang luar biasa pasti akan menjadi cerita mengesankan bagi anda yang tidak ada duanya. Tidak ada yang mulus, namun juga dapat menjadi pelajaran luar biasa untuk dapat terus berkarya dan akan tetap mencoba hal-hal baru.
cara mulai usaha fotografi
Apabila anda sudah dapat mengumpulkan modal, anda juga sudah bisa memulai usaha yang lebih mempesona. Dengan membuka studio  foto yang professional dengan asam garam yang sudah anda jalani sebelum memiliki studio foto tersebut. Jadi, akan lebih bermakna dan membanggakan untuk diri anda. Bisa juga disebut dengan naik kelas. Jadi, karena raport perjalanan karir anda yang gemilang, akan menunjang anda untuk memulai usaha studio foto dengan jauh lebih matang lagi dan dapat menjadi arti tersendiri.
4.      Kualitas Tetap Nomor satu
Semuanya akan terwujud jika anda memang memiliki kualitas yang memang tidak perlu diragukan lagi. Profesionalitas akan anda dapatkan melalui berbagai hal yang anda dapatkan dari perjalan karir yang sama sekali tak akan anda dapatkan kecuali di perjalanan hidup anda.
Keberhasilan yang akan anda dulang sangat berpengaruh oleh kualitas yang memang anda miliki. Semakin anda mengepakkan sayap wawasan, pengetahuan, serta ilmu, maka seiring pula harapan untuk mendulang kesuksesan tersebut. Untuk itulah, jangan pernah takut bermimpi, dan segera wujudkan. Jadikan dunia Fotografi berada di tangan anda.
Pers alat ini berkaitan dengan posisi saya sebagai fasilitator komunikasi dengan baik. UU No 40 tahun 1999 tentang Pers. Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia. Komunikasi public relations dengan pihak  pers  menjadi salah satu kegiatan yang penting. PR berperan dalam memberikan informasi kepada masyarakat untuk memperoleh dukungan dan kepercayaan melalui kegiatan Hubungan Pers (perss Relations/Media Relations) yaitu membina hubungan baik dengan kalangan pers. Sebagai pihak yang mengelola media baik cetak maupun elektronik, pers memiliki pengaruh dalam pembentukan citra dan opini masyarakat.
Praktisi PR betanggung jawab membuat berbagai media komunikasi. Tujuannya sebagai sarana komunikasi dua arah(feedback) dengan publiknya. Melalui media komunikasi tersebut, kegiatan kegiatan dan program public relations bisa menyebar dan dipahami pihak eksternal. Pihak eksternal bisa lebih mengerti tentang program apa yang akan dijalankan praktisi pr sehingga menimbulkan feedback yang positif. Tak hanya dengan pihak eksternal, pihak pers lebih berperan penting dalam penyebaran informasi maupun pemberitaan di media. Untuk itu Praktisi PR harus tetap menjaga komunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan pers agar pers dapat dengan mudah menghubungi PR untuk mendapatkan informasi yang jelas dan sesuai sehingga meminimalisir kesalahan berita yang dimuat di media massa.
Aktivitas menulis atau membuat produk produk tulisan yang di desain untuk membangun dan menjaga hubungan positif dengan stakeholder  dapat mempengaruhi citra organisasi, karena itu tujuannya adalah menginformasi dan mempengarusi sikap dan perubahan perilaku public. Aktivitas ini harus didukung dengan terjalinnya hubungan yang baik dengan pihak media atau pers. Dalam upaya membina hubungan baik dengan pers maka PR harus mengerti tentang media massa itu sendiri.Misalnya bagaimana surat kabar atau majalah itu diterbitkan atau bagaimana proses produksinya. Apabila seorang public relations sudah mengenal atau mengetahui tentang media pers tesebut  maka hubungan yang terjalin akan lebih baik  dan meberikan dampak yang positif dan publikasinya,karena pers sebagai sarana publikasi PR.
Upaya untuk mengembangkan usaha dan bisnis, dapat ditempuh melalui berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media massa yang sudah terkenal. Menggunakan media massa atau pers sebagai perantara promosi sangat efektif dalam membangun perusahaan yang lebih maju dan dikenal luas
Anda memiliki banyak ide kreatif yang luar biasa dan memulai (untuk real, akhirnya) bisnis baru anda. Atau anda meluncurkan sebuah buku, atau bahkan layanan baru di dalam peruahaan yang sudah ada. Dengan melalui pers anda mungkin bisa menarik beberapa untuk mendapatkan sebuah acara yang akan merayakan orestasi anda, mengeluarkan sebuah blog atau video laintentang hal itu.
Sangat mudah untuk membayangkan bagian selanjutnya, anda memiliki (hampir) tidak ada uang yang tersisa dan sama sekali tidak berhubungan dengan blogger dan jurnalis. Jadi sekarang apa ? anda mungkin bertanya pada diri sendiri : Bagaimana saya bisa mendapatkan liputan pers? bagaimana saya bisa membagikan berita saya ke seluruh dunia tanpa menghabiskan anggaran pemasaran bisnis saya ? semua jawaban terbaik mengarah kea rah yang sama: layanan penulisan siaran pers mewakili kunci untuk promosi diri yang efisien dan terjangkau. Siaran pers memberikan hasil yang luar biasa unttuk hampir semua bisnis, terlepas dari ukuran, margin keuntungan, profil an industrinya ;yang berarti bahwa jenis konten ini juga bisa bekerja seperti sihir untuk anda. Ini membawa kita ke pertanyaan berikutnya: apa  sebenarnya yang anda harapkan dari layanan pelayanan pers kelas dunia ?. Sebagai funsi yang menjadikan pedia massa sangat bermanfaat. Dalam pasal pasal 33 UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsi pers yaitu sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial. Sedangkan Pasal 6 UU Pers Nasional melaksanakan peranan sebagai berikut:

    Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui menegakkan nilai nilai dasar demokrasi dan mendorong terwujudnya supremasi hukum dan HAM. Pers juga harus menghormati kebinekaan mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar melakukan pengawasan.
    Sebagai pelaku Media Informasi

1.      Pers sebagai Media Informasi
Fungsi pers yang penting yaitu sebagai media informasi, karena masyarakat memerlukan informasi mengenai berbagai hal yang diperlukan dalam hidupnya, baik itu informasi ekonomi (bisnis), politik, hobi, atau bidang-bidang lainnya yang berguna. Informasi yang disajikan oleh pers adalah informasi yang telah diseleksi dari berbagai berita yang masuk ke meja redaksi, dari berbagai sumber yang dikumpulkan oleh para reporter di lapangan. Pers berfungsi positif dalam mendukung kemajuan masyarakat, dan memiliki tanggung jawab menyebarluaskan informasi tentang kemajuan dan keberhasilan pembangunan kepada masyarakat. Di dalam hal ini media berfungsi sebagai sarana konunikasi dari media itu sendiri kepada masyarakat luas.
2.      Pers sebagai Media Pendidikan
Ini mempunyai arti bahwa informasi dari pers yang disebarluaskan melalui media juga mempunyai fungsi untuk mendidik, mencerdaskan, mengandung kebenaran, dan bisa mendorong untuk berbuat kebaikan. Pers sebagai media pendidikan (mass education) juga berguna dalam pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan hidup manusia. Masyarakat yang secara teratur mencari dan mendapat berita dari media massa akan bertambah pengetahuan, wawasan, dan tentunya juga ilmu. Dalam Pembinaan Idiil Pers disebutkan juga bahwa pers harus mampu menghidupkan prakarsa pelaksanaan demokrasi Pancasila. Intinya informasi yang disampaikan harus secara objektif dan selektif. Objektif artinya hal yang disampaikan asli atau tanpa adanya perubahaan sedikit pun oleh wartawan dan Selektif maksudnya hanya berita yang pantas atau layak disampaikan kepada masyarakat luas. Salah satu contoh nyata pers bisa berfungsi sebagai media pendidikan ialah banyak siswa sekolah yang browsing lewat internet untuk mencari materi pelajaran atau browsing untuk menyelesaikan tugas. Salah satu situs yang membahas tentang pendidikan yaitu theinsidemag.com
3.      Pers sebagai Media Entertainment (Hiburan)
Di dalam Undang-Undang No 40 Tahun 1999 pasal 3 ayat 1 dinyatakan bahwa salah satu fungsi pers yaitu sebagai hiburan. Hiburan yang diberikan pers patutnya tidak keluar dari aturan yang berlaku. Hiburan yang sifatnya mendidik atau netral jelas diperbolehkan, dan yang melanggar nilai agama, HAM, moral, atau peraturan lain tidak diperbolehkan. Fungsi pers sebagai media hiburan tentu bukan hanya untuk menimbangi berita yang berat, tetapi memang menjadi kebutuhan dasar manusia bahwa hiburan itu perlu dan harus dipenuhi. Hiburan tersebut bisa diperoleh dari media elektronik maupun cetak.Atau bisa mencari hiburan dengan mendengar radio, melihatnya melalui televisi, browsing di internet, melihat video youtube, dan lainnya. Artinya memang pers berfungsi juga sebagai media hiburan.
5.      Pers sebagai Media Kontrol Sosial
Pers sebagai media kontrol sosial yaitu memiliki fungsi untuk mengontrol, mengkoreksi, mengkritik sesuatu yang sifatnya konstruktir, artinya sesuatu yang membangun bukannya merusak atau destruktir. Fungsi kontrol sosial tergantung dari wartawannya, karena tidak semua berita memiliki fungsi kontrol sosial. Wartawan yang mempunyai kebebasan memasukan kontrol sosial di dalam berita yang dibuat. Pers semestinya bisa melaksanakan kontrol sosial guna mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan, entah itu KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) maupun penyimpangan dan penyelewengan dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Kehadiran pers disini untuk memperbaiki keadilan, kontrol sosial yang dilakukan media massa sangat penting. Pers menginformasikan berita buruk agar peristiwa itu tidak terulang kembali sehingga kesadaran berbuat baik dan taat peraturan semakin tinggi. Sehingga tujuan koreksi, kritik, dan kontrol adalah untuk kepentingan umum, bangsa/negara dan pembangunan.
6.      Pers sebagai Lembaga Ekonomi
Zaman sekarang pers tidak hanya sebagai media informasi, tetapi juga merupakan lembaga ekonomi. Sebagai lembaga ekonomi media massa tidak hanya bertujuan untuk menghidupi penerbit media massa sendiri, tetapi juga untuk meraup keuntungan (untuk bisnis). Pers tumbuh menjadi industri media yang mampu mendapatkan dan menyerap lapangan kerja yang cukup menggiurkan dan menciptakan keuntungan yang tidak sedikit.Tetapi yang kita harapkan di pers bahwa seharusnya pers berorientasi kepada kepentingan publik daripada kepentingan bisnis. Karena aerdapat pendapat bahwa sebagian besar surat kabar dan majalan di Negara ini menjadikan pembaca sebagai mangsa pasar dan komoditas untuk menarik pembaca. Perilaku ini menjadikan keuntungan materi sebagai tujuan akhir pers.
Alat humas selanjutnya yaitu film yang menjadi unsur peranan penting dalam berbisnis. Film bagi humas merupakan media komunikasi, instruksi, riset dan sebagainya. Melalui film humas dapat menyampaikan pesan-pesannya. Tidak hanya film documenter, film cerita pun merupakan media yang efektif. Semuanya mengajak masyarakat untuk memaklumi kelemahan-kelemahan profesionalnya, menghargai kejujuran, dan bertepuk tangan atas pengorbanannya. Artinya kembali tujuan film itu adalah membentuk image positif. Banyak cara-cara kreatif yang dilakukan untuk mencapai tujuan marketing. Untuk itu, belajar marketing nggak cukup dari buku saja. Selain buku, ada beberapa media lain yang bisa kita pilih untuk mempelajari dunia marketing. Film adalah salah satunya.Dari film tentang marketing, kita akan mendapat sudut pandang dan gagasan baru yang bisa dipelajari. Film tentang marketing bisa jadi materi pembelajaran yang menyenangkan. Kalau kamu tertarik belajar dunia marketing dari film, yuk belajar marketing film Door to Door [2002].
 Resensi Film “Door to Door” | Hikmawan S. Putra
Billy Porter adalah seorang pemuda yang punya masalah tulang belakang dan kelumpuhan otak. Walaupun begitu, dia selalu didukung oleh ibunya. Dia melamar ke berbagai perusahaan tapi selalu ditolak sampai dia diterima di Watskin Company dengan posisi sebagai salesman. Billy menawarkan produk dari rumah ke rumah atau dikenal dengan istilah door to door. Mendapat berbagai penolakan, Billy nggak menyerah sampai dia berhasil mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Namun masalah datang saat kondisi kesehatannya mengharuskannya berhenti menggunakan cara door to door. Perjuangan Billy untuk menjual produk adalah kisah sekaligus pelajaran yang sangat berharga untuk disimak.

Nah, itulah alat-alat humas yang bisa saya paparkan semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog saya jika informasi kurang puas saya mohon maaf.