13
April 2020
Sebelum
menulis artikel ini, saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan humas itu
sendri. Dalam artian humas dalam bahasa inggris yaitu public relation yang memiliki arti humbungan masyarakat. Humas pada
hakikatnya adalah aktivitas, yang berarti tujuan humas dapat diartikan dengan
tujuan komunikasi, yaitu adanya penguatan dan perubahan kognisai, afeksi dan
perilaku positif publik terhadap organisasi atau lembaga.
Humas
ini bertugas bertanggung jawab dalam membangun dan mempertahankan reputasi,
citra, dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan public.
Disini
saya akan mengenalkan sebuah bisnis yang mana di dalamnya berkaitan dengan marketing pada UTS kalini saya sebagai
mahasiswi IAI Syarifuddin Fakultas Dakwah Prodi BKI 4 mendapatkan soal yang
harus dikerjakan tanpa alasan apapun oleh Dosen Pengampu dengan apa yang saya pilih ketika saya di tempatkan di posisi
humas. Dengan adanya pernyataan seperti itu, nah disini saya memiliki antusias
dalam mengerjakan tugas ini dan berambisi bahwa saya bisa menjadi humas. Ketika
saya menjadi humas saya ingin menjadi Fasilitator Komunikasi
(Communication Fasilitator)
Dalam hal ini, praktisi Public Relations bertindak sebagai
komunikator atau mediator untuk membantu pihak manajemen dalam hal mendengar
apa yang diinginnkan dan diharapkan oleh publiknya. Dalam posisi Communication Fasilitator ini Sebagai pintu informasi, peran Fasilitator Komunikasi pada Humas berfungsi sebagai tempat keluar
dan masuknya berbagai informasi dari dan untuk masyarakat. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peran fasilitator
komunikasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan sebaliknya.
Seperti halnya wartawan yang selalu mencari informasi. Bukan hanya itu kita
sebagai Humasy yang posisi sebagai fasilitator komunikasi juga bisa mencari
informasi yang real sesuai dengan informasi itu di dapat.
Tujuan
saya mengambil posisi Fasilitator Komunikasi, karena dalam mata kuliah Public
Relation yang mana kami di ajarkan oleh Dosen Pengampu cara mencari iformasi
yang benar dan tepat. Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah Perusahaan yang
mana dalam perusahaan ini menjalan bisnis kesehatan yang banyak di minati
Generation Millenial.
PT.
Perusahaan Melia Sehat Sejahtera yang merupakan Perusahaan Besar yang legal memiliki perijinan yang
dibutuhkan. Perusahaan ini telah berdiri dan eksis lebih dari sepuluh tahun di
Indonesia untuk melayani seluruh Leader dan member dengan management yang
professional dan memiliki komitmen total untuk membantu para member nya
berkembang dan bertumbuh bersama. PT. Melia Sehat Sejahtera bekerjasama dan di
dukung penuh secara total oleh partner Perusahaan Manufacturing Besar dari
Malaysia yaitu Herbal Science Sdn. Bhd. (Malaysia) dengan produk produk terbaik
yang telah terbukti khasiatnya. PT. Melia Sehat Sejahteraadalah pelopor di
Bisnis Multilevel Marketing dengan meciptakan Marketing Plan yang telah eksis
lebih dari sepuluh tahun yang berpihak kepada member untuk membantu perceptan
kesuksesan. PT. Melia Sehat Sejahtera adalah pelopor yang membangun website
pribadi member yang memudahkan para member untuk melihat perkembangan bisnisnya
dan bonus-bonus nya.dipimpin oleh pra Group Leader yang memiliki karakter
Pemimpin-Pemimpin yang Tangguh, yang terus mendampingi dan mengajarkan semua
member untuk meraih sukses bersama menuju kehidupan lebih baik. Memiliki Suport
System Exellent Strategy of Network (ESN) sebagai bahan duplikasi pembelajaran membangun
jaringan jaringan, Pengembangan Diri, Pengembangan Kepemimpinan, serta
pengembangan karakter dan kemandirian ekonomi. PT. Melia Sehat Sejahtera salah
satu perusahaan yang ikut serta membangun Bangsa Indonesia dengan Membayar
Pajak Perusahaan dan Penghasilan Membernya, salah satu pembayar pajak besar di
Indoesia.
Banyak
perusahaan yang mencoba meniru produk dan marketing plan PT. Melia Sehat
Sejahtera tanpa pengalaman, tanpa pengetahuan serta tanpa komitmen dan selalu
gagal.Sebagai perusahaan pelopor serta perusahaan terlama no 2 di dunia dengan system
membangun jaringan group. Management nya telah teruji selama bertahun-tahun
melayani seluruh Leader dan Member serta memiliki komitmen total untuk
berkembang dan bertumbuh bersama member.
Kami percaya semua orang Berjuang untuk
memperoleh Kesuksesan dan Kesejahteraan Hidup yang Layak dan Baik.
Kami
percaya dengan berjuang bergotong-royong dan bergandengan-tangan akan lebih
mudah memperoleh kesuksesan-bersama menuju kehidupan yang jauh lebih baik.
Komunitas
Bisnis Melia Sehat Sejahtera memiliki keyakinan dan Harapan-hidup yang layak
dan sejahtera untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta pribadi yang lebih bermanfaat,
Kebutuhan
Uang, Makan, Rumah, Sekolah, Mobil, Dan Liburan Bersama Keluarga Tercinta, Itu
merupakan salah satu yang kita inginkan dan kita impi-impikan
Di
komunitas Melia Sehat Sejahtera Memiliki Program Peluang Penghasilan untuk anda
dengan Marketing Plan yang telah teruji AMAN, dengan system pembayaran HARIAN,
MINGGUAN & BULANAN.
Kita
akan memiliki pengahsilan Cepat & Besar dari ratusan ribu hingga Jutaan
Rupiah Setiap Hari dengan mampu memenuhi kebutuhan Primer & Sekunder
Kehidupannya.
PERMASALAHAN EKONOMI…???
Banyak
orang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar pangan, sandang, tempat tinggal,
kesehatan, dan pendidikan, bagaimana benarkah ? akan tetapi setiap orang
beharap sukses dalam kehidupannya, dan kenyataannya sepertinya sukses begitu sulit
untuk diraih. terkadang sudah Berusaha & Berjuang sungguh-sungguh sampai
mati-matian tetapi belum sukses juga.
Bahwa Komunitas Bisnis Melia Sehat
Sejahtera adalah kendaraan tepat dan yakin bisa membuat hidup anda jauh lebih
baik dari hidup anda hari ini. Anda memang sudah seharusnya percaya bahwa
Komunitas bisnis Melia Sehat Sejahtera bisa merubah hidup anda jauh lebih baik,
mengapa? Karena Komunitas Melia Sehat Sejahtera sudah terbukti dan teruji
selama 16 tahun telah banyak masyarkat indonesia senusantara merubah hidup
orang menjadi sukses dan jauh lebih baik.
Cara
Cerdas Untuk Sukses Di Bisnis MELIA SEHAT SEJAHTERA
Ketika
anda sudah memutuskan untuk memilih serius menjalankan bisnis jaringan atau
bisnis Melia Sehat Sejahtera, maka anda harus betul-betul mulai mempersiapkan
berbagai hal untuk mengembangkan bisnis tersebut. Mulai dari waktu,
konsistensi, kesabaran, ketelatenan yang semuanya berporos pada kemauan anda
yang benar-benar mau untuk menjalankan bisnis itu.
Sebelum
anda mengenal bisnis jaringan atau bisnis MLM bisa jadi anda mempunyai
pemikiran bahwa untuk melampaui orang-orang yang sukses menurut anda, maka anda
harus bekerja keras untuk dapat meraih bahkan melampaui lebih dari orang-orang
tersebut, meski pada kenyataannya bisa jadi orang-orang tersebut lebih santai
dalam menjalankan pekerjaannya dibanding anda.
Akan
tetapi dalam bisnis jaringan atau bisnis MLM hal tersebut sudah tidak berlaku
lagi. Walaupan tidak dipungkiri bahwa ketika untuk bekerja keras akan selalu
penting anda lakukan, tetapi bukan merupakan satu-satunya syarat dalam mencapai
impian dan kesuksesan.
Sukses
adalah bagaimana anda bisa bekerja lebih cerdas dalam menggunakan cara yang berbeda
dari yang biasanya anda lakukan sebelumnya ketika mengerjakan sesuatu. Bisnis
jaringan atau bisnis MLM di Melia Sehat Sejahtera memungkinkan anda untuk
melakukan hal-hal tersebut. Dan dalam bisnis jaringan atau bisnis MLM anda bisa
belajar dengan mereka yang lebih dulu sukses dan berhasil di bisnis ini. Jadi
anda harus mulai belajar untuk bekerja lebih cerdas dalam bisnis MLM, bukan
hanya bekerja lebih keras tetapi hasilnya justru kurang maksimal.
Cara
Cerdas Agar Sukses di Bisnis Melia Sehat Sejahtera
1.
Buatlah dream book atau buku harian
impian.
Tulis
di dalamnya impian-impian yang ingin dicapai, kapan impian tersebut ingin
diwujudkan, bagaimana cara mewujudkannya, dan seberapa banyak aktifitas yang
harus dikerjakan untuk mewujudkan impian tersebut. Buku harian impian ini akan
membantu Sobat untuk fokus terhadap tujuan berbisnis sekaligus sebagai
penyemangat saat mengalami stagnansi/kemacetan usaha atau merasakan kejenuhan.
2.
Berani berkomitmen.
Untuk
dapat menjadi bagian dari tim inti upline, Sobat harus berani berkomitmen.
Komitmen ini meliputi kemauan keras untuk belajar dan menerapkan ilmu bisnis
yang diajarkan baik melalui buku panduan, rekaman suara, maupun rekaman video
training. Bersemangat dalam mengikuti training-training yang diadakan. Menjadi
pengguna produk sepenuhnya dan aktif mengajak orang lain untuk menggunakan
produk Melia Sehat sejahtera. Menjalin kerjasama yang bagus dengan para upline
dan downline.
3.
Susun database yang berisi data prospek.
Masukkan
50 ? 100 nama ke dalam daftar prospek, dimulai dari anggota keluarga terdekat,
sahabat, teman, tetangga, maupun rekan kerja, serta prospek yang didapatkan
dari hasil beriklan.
4.
Kerjakan aktivitas online marketing.
Mulailah
mempromosikan bisnis Melia Sehat Sejahtera melalui website atau blog yang anda
buat maupun melalui social media ( facebook, twitter, infogue, lintasme dll).
5.
Bangun citra positif sebagai pebisnis
MLM sukses.
Bila
anda dapat membangun citra positif sebagai pebisnis MLM yang sukses, maka akan
banyak prospek berdatangan dan tertarik untuk bergabung dengan bisnis MSS anda.
Ajak prospek untuk lebih mengenal anda, menyukai anda, dan pada akhirnya
mempercayai anda.
6.
Jaga komunikasi baik dengan prospek dan
Jaringan.
Bangun
hubungan pertemanan yang baik, jawab pertanyaan-pertanyaan prospek dan downline
dengan baik, ajak prospek untuk menggunakan produk Melia, lakukan pertemuan
rutin yang membahas tentang bisnis Melia Sehat Sejahtera.
7.
Tinjau ulang perkembangan strategi
bisnis yang digunakan.
Setiap malam, lakukan peninjauan ulang
terhadap strategi bisnis anda. Diskusikan dengan upline anda untuk menemukan
solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan yang muncul. Bila diperlukan,
susun rencana strategi bisnis baru.
8.
Ajarkan duplikasi pada Jaringan.
Ajarkan pada
Jaringan untuk menduplikasi apa yang anda kerjakan. Hal ini penting dilakukan
agar bisnis MSS anda terus berkembang dan tidak mengalami kemunduran.
Dalam
menjalankan tugas menjadi humas dalam sebuah perusahaan harus menggunakan
alat-alat yang dapat memudahkan dalam bertugas. Alat-alat humas yang akan kami
gunakan sebagai alat untuk mempublikasikan kepada masyarakat untuk membujuk dan
mendorong orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan
biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran,
majalah, internet dll.
Iklan
mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca
agar melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk,
melainkan juga pada informasi, ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal.
Seperti dalam perusahaan yang mana perusahaan ini menjual produk kesehatan dan
disini saya akan mulai mempromosikan produk seperti memberi bonus. diskon
berapa pesen yang sesuai dengan target yang ingin di capai, dll yang dapat
menarik pelanggan untuk membeli produk yang kami jual. Dengan adanya pandemic
Covid -19 dan dalam produk yang kami jual salah satu obat pencegah serta dapat
membantu menyembuhkan virus Covid -19 yang menyebar hampir seluruh Negara salah
satunya Indonesia yang hampir semua daerah teridentifikasi read zone yang
membuat resah semua masyarakat. Nah, kesempatan ini yg di jadikan peluang bagi
perusahaan kami yang di jadikan sorotan masyarakat. Dengan cara lain iklan juga
bisa di tampilkan dengan design seperti banner atau poster yang di pasang di
jalan atau tempat umum yang biasa ramai dan juga kita bisa membuat brosur
tentang produk yang akan di jual dengan design yang dapat menarik konsumen agar
membeli produk yang kami jual.
Produk PT. Melia Sehat sejahtera memposting
iklan memakai design berbentuk perse dengan gambar produk, khasiat, dan kami
beri tulisan tentang (Produk Asli PT. Melia Sehat Sejahtera Tidak Dijual Di
Toko Obat dan Online Shop Seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Website, dll. Produk
Asli Hanya Dari Kami Member & Leader Aktif PT. MSS) dengan adanya tulisan
imembuat konsumen percaya dengan produk kami yang masih berjalan sampai saat
ini. Kemudian iklan juga berisi tentan
informasi perusahaan untuk menunjukkan letak perusahaan terletak dan kasih juga
no hp yang bisa di hubungi oleh konsumen.
Pameran pada kali ini saya akan menjelaskan apa arti seebuah pameran dalam humlas Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pameran adalah salah satu bentuk penyajian karya seni rupa agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung. Makna komunikasi di sini berarti karya-karya seni rupa yang dipajang tersaji dengan baik. Sehingga para pemirsa dapat mengamati karya seni rupa dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis dan pemahaman nilai-nilai seni yang dipamerkan. Dalam menyelenggarakan pameran diperlukan pengetahuan manajemen tata pameran untuk mencapai penyelenggaraan pameran yang baik. Manajemen tata pameran mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa kepada publik melalui media karya seninya. Melalui kegiatan pameran diharapkan terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan orang yang menikmati karya seni (apresiator). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pameran adalah pertunjukan hasil karya seni, barang hasil produksi dan sebagainya. Menurut Kamus Oxford, pameran adalah tampilan publik karya seni atau barang menarik, diadakan di galeri seni atau museum atau di pameran perdagangan (trade fair). Dikutip dari situs resmi Galeri Nasional, pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Bahkan sering sekali juga event-event yang di dukung oleh pemerintah, ini dapat membantu berkembangnya sektor UKM yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan produk ke masyarakat luas. berkembangnya sektor UKM yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan produk ke masyarakat luas. Pameran merupakan Sarana Pengenalan Produk Baru yang Efektif Dengan mengikuti ajang pameran, dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk ajang pengenalan produk ke masyarakat. Disebuah pameran jika event tersebut merupakan event yang sudah di kenal oleh masyarakat, maka bukan tidak mungkin akan banyak sekali calon konsumen yang berpotensi menggunakan produk baru kita. Sehingga akan sangat di sayangkan jika kita melewati event-event seperti ini. Selain sarana pengenalan produk baru yang efektif, pameran juga dapat di manfaatkan untuk mengenalkan inovasi baru pada produk yang sudah lama di kenal. Seperti yang kita ketahui bahwa inovasi sangat penting di lakukan untuk produk yang telah lama beredar, agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. Masih banyak lagi manfaat yang bisa di ambil dari keikutsertaan pada event pameran untuk kemajuan bisnis. Menurut Small Bussiness Admisnistration (SBA) Amerika Serikat, berikut manfaat bila mengikuti pameran untuk pemilik bisnis:
Pameran pada kali ini saya akan menjelaskan apa arti seebuah pameran dalam humlas Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pameran adalah salah satu bentuk penyajian karya seni rupa agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung. Makna komunikasi di sini berarti karya-karya seni rupa yang dipajang tersaji dengan baik. Sehingga para pemirsa dapat mengamati karya seni rupa dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis dan pemahaman nilai-nilai seni yang dipamerkan. Dalam menyelenggarakan pameran diperlukan pengetahuan manajemen tata pameran untuk mencapai penyelenggaraan pameran yang baik. Manajemen tata pameran mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa kepada publik melalui media karya seninya. Melalui kegiatan pameran diharapkan terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan orang yang menikmati karya seni (apresiator). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pameran adalah pertunjukan hasil karya seni, barang hasil produksi dan sebagainya. Menurut Kamus Oxford, pameran adalah tampilan publik karya seni atau barang menarik, diadakan di galeri seni atau museum atau di pameran perdagangan (trade fair). Dikutip dari situs resmi Galeri Nasional, pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Bahkan sering sekali juga event-event yang di dukung oleh pemerintah, ini dapat membantu berkembangnya sektor UKM yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan produk ke masyarakat luas. berkembangnya sektor UKM yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan produk ke masyarakat luas. Pameran merupakan Sarana Pengenalan Produk Baru yang Efektif Dengan mengikuti ajang pameran, dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk ajang pengenalan produk ke masyarakat. Disebuah pameran jika event tersebut merupakan event yang sudah di kenal oleh masyarakat, maka bukan tidak mungkin akan banyak sekali calon konsumen yang berpotensi menggunakan produk baru kita. Sehingga akan sangat di sayangkan jika kita melewati event-event seperti ini. Selain sarana pengenalan produk baru yang efektif, pameran juga dapat di manfaatkan untuk mengenalkan inovasi baru pada produk yang sudah lama di kenal. Seperti yang kita ketahui bahwa inovasi sangat penting di lakukan untuk produk yang telah lama beredar, agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. Masih banyak lagi manfaat yang bisa di ambil dari keikutsertaan pada event pameran untuk kemajuan bisnis. Menurut Small Bussiness Admisnistration (SBA) Amerika Serikat, berikut manfaat bila mengikuti pameran untuk pemilik bisnis:
1.
Mendapatkan Calon Pembeli (Sales Leads)
Melalui pameran yang diadakan, sebagai pemilik usaha
tentunya ini adalah peluang bagus untuk mengenalkan produk atau jasa kepada
pengunjung yang tertarget, karena di pameran tentunya pengunjung yang datang
merupakan orang-orang yang tertarik dengan tema pameran yang diadakan dan
berniat untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa dipameran
tersebut. Meskipun pameran hanya berlangsung beberapa hari saja, namun peluang
untuk melebarkan sayap bisnis sangat terbuka lebar. Seperti pertambahan jumlah
pelanggan baru serta order yang akan bertambah setelah mengikuti event pameran.
2.
Menghasilkan Transaksi Selama Pameran
3.
Meningkatkan Image dan Visibilitas
Di ajang memperkanalkan produk atau jasa ini, produk
bisa dilihat oleh ribuan pasang mata pengunjung pameran tersebut. Ini
kesempatan emas untuk membranding image produk ataupun jasa. Dengan begitu,
awareness di benak pengunjung akan mudah tertanam. Dan visual merupakan aspek
penting untuk diperhatikan.
4.
Membidik Pengunjung Spesifik
Jika kita memiliki segmentasi pasar yang khusus,
mengikuti pameran merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaring pasar.
Meskipun, banyak konsumen yang datang hanya sekedar melihat-lihat. Namun, pasti
ada ratusan konsumen yang datang untuk tujuan khusus yaitu membeli produk atau
menggunakan jasa kita.
5.
Memperbaiki Efektifitas dan Efisiensi untuk
Berbagai Upaya Marketing
Saat sedang mengikuti pameran, kita diumpamakan
menebar jala di laut. Siapa yang datang ke stand kita adalah ikan yang
terjaring. Ini juga sekaligus untuk survei langsung sejauh mana efeketifitas
dan efisiensi strategi marketing bisnis kita selama ini. Jika sudah menemukan
bagian mana yang perlu diperbaiki, kita bisa bersegera untuk inovasi dengan
strategi baru.
6.
Sebagai Ajang Menambah Network
Pameran besar yang sudah tersohor bagaikan magnet
yang mengundang semua pihak yang terkait dengan institusi tersebut, mulai dari
pemasok, pinsipal, distributor, investor, lembaga riset, media, dan tentu saja
pelanggan. Ini merupakan peluang bagus untuk memperluas kemitraan, dan tidak
menutup kemungkinan bisa bekerjasama di masa mendatang. Event pameran merupakan
media marketing yang amat kuat.
7.
Untuk Mengenal Potensi Pesaing
Pameran diikuti banyak pelaku bisnis atau usaha.
Melalui pameran tersebut, kita bisa sekaligus menjaring informasi tentang
pesaing, seperti harga produk, produk unggulan, peralatan yang digunakan. Atau
sekadar mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis mereka.
Efek Viral Marketing
Pameran
juga sering dijadikan ajang untuk membuat merek kita menjadi viral atau
menyebar dengan cepat di sosial media dan dibicarakan banyak orang. Contohnya
saja, kita bisa membuat background yang unik agar pengunjung kita bisa berfoto
dan menguploadnya di Instagram, atau membuat promosi khusus bagi pengunjung
yang mengupload foto ke Instagram akan mendapat diskon, atau banyak lagi. Harus
bisa menggunakan imajinasi dan manfaatkan momentum pameran tersebut.
Belajar Dari Pembeli Secara Langsung
Untuk
sebagian orang, pameran merupakan salah satu cara terbaik untuk memvalidasi ide
bisnis atau produk yang mereka jual. Disinilah saatnya kita bisa mengobrol
langsung dengan pembeli atau pengunjung yang tertarik. Disini kita akan belajar
kenapa orang tidak jadi membeli? Kenapa mereka membeli merek kompetitor? Apa
pendapat pembeli mengenai produk atau jasa kita? Dimana kurangnya? Dan banyak
pertanyaan lain akan terjawab saat berbicara langsung dengan pembeli dalam
pameran, baik secara langsung atapun tidak.
Untuk
Riset Trend Pasar
Dalam
pameran juga kita mendapatkan informasi trend pasar yang sedang di gemari
masyarakat, dengan cara melihat minat pengunjung terhadap produk yang ada di
dalam pameran tersebut. Dengan begitu kita bisa memperkirakan strategi apa yang
diperlukan untuk dapat lebih mengembangkan bisnis yang kita jalankan.
Mengevaluasi Kualitas Tim Kerja
Terakhir,
dengan mengikuti pameran juga kita bisa mengevaluasi sejauh mana kualitas kerja
dari sumber daya yang di miliki. Terutamanya untuk bidang marketing, kita bisa
mengetahui bagaimana kerjasama antar tim dalam meningkatkan penjualan produk
atau jasa selama event berlangsung.
Dari
manfaat mengikuti pameran di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa keuntungan
mengikuti event pameran adalah pemilik bisnis terbantu untuk mengenalkan
produknya, namun ada pula ruginya karena tidak semua pameran ramai dikunjungi
pengunjung. Oleh karena itu kita harus jeli dalam memilih kegiatan pameran yang
ditawarkan. Sebelum mengikuti sebuah pameran, ada baikny kita harus memperhatikan beberapa hal berikut
ini:
Mencari informasi mengenai siapa, kapan dan
dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan
organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.
Mengecek terlebih dahulu mengenai jumlah
pengunjung pameran. Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung pameran terakhir
yang diadakan organisasi tersebut. Menghindari pameran yang jumlah
pengunjunngnya cenderung sedikit. Selain itu sebagai bahan pertimbangan, kita
bisa juga melihat testimoni dari para peserta pameran sebelumnya.
Berapa banyak stand yang ditawarkan dan
berapa biaya yang ditawarkan. Sebelum kita mengambil keputusan untuk mengikuti
pameran, sebaiknya meminta kepastian dari panitia mengenai jumlah stand yang
diperbolehkan mengikuti pameran.
Menanyakan sarana pendukung pameran, lebih
baik jangan mengiyakan sebuah pameran jika kita belum mengetahui tentang sarana
promosi yang diberikan selama pameran berlangsung. Memperhitungkan juga antara
biaya yang kita keluarkan untuk mengikuti pameran dengan sarana yang diberikan
panitia. Bila dirasa tidak seimbang, lebih baik tidak mengambil pameran
tersebut. Dalam hal ini humas mencari semua info agar pameran tersebut sukses
dengan adanya pameran produk perusahaan semakin di kenal banyak orang , oleh
karena itu humas memiliki peranan penting.
Media Internal Media Internal atau
yang dulunya disebut House Journal merupakan salah satu media bentuk kegiatan
Public Relations. Tujuannya diarahkan pada pencapaian tujuan dari perusahaan/
lembaga itu sendiri dan membangun citra positif publik terhadap
perusahaan/lembaga dengan harapan untuk mendapat dukungan dari publik.
Fungsi dari media internal sebagai media
humas atau media internal perusahaan yaitu media komunikasi, informasi,
pendidikan, hiburan dan pengetahuan.Menurut Ruslan dalam buku Manajemen Public
Relation & Media Komunikasi, untuk mengelola suatu media internal terdapat
beberapa fungsi media internal, yaitu :
1.
Sebagai
media hubungan komunikasi
internal atau eksternal,
yang diedarkan atau diberikan secara
gratis dalam upaya
penyampaian pesan-pesan, informasi,
dan berita mengenai aktivitas
perusahaan, manfaat produk
barang/jasa dan publikasi
lainnya yang ditujukan kepada
para konsumen, pelanggan, distributor, supplier, relasi bisnis, dan yang
lainnya.
2.
Sebagai ajang komunikasi khusus antar
karyawan, misalnya ucapan selamat ulang tahun, informasi kelahiran
bayi dari keluarga
karyawan, adanya pegawai/karyawan baru, kegiatan olah
raga, wisata, keagamaan,
kesehatan hingga berita
duka cita dan
kegiatan sosial lainnya.
3.
Sebagai sarana media untuk “pelatihan
dan pendidikan” dalam bidang tulis menulis
bagi karyawan, swerta staf
humas yang berbakat
atau berpotensi sebagai
penulis ilmiah popular.
Terdapat nilai tambah
(value added) dari
departemen humas untuk
menunjukan kemampuan dalam upaya
menerbitkan media khusus
yaitu In House
Journal yang bermutu, kontinu,
terbit secara berkala
dan teratur, dengan
penampilan yang profesional baik kualitas maupun segi
kuantitas berita, layout, isi halaman, susunan redaktur, gambar yang ditata
dengan apik dan lebih menarik, segi
cover atau seninya serta tata warna dan sebagainya. ( 2003 : 180)
Tujuan
Media Humas
· Promosi & tingkatkan pemasaran
· Komunikasi berkesinambungan.
· Tingkatkan kepercayaan publik.
· Tingkatkan citra perusahaan/organisasi
Jenis
Media Humas
· Media Cetak (jurnal inhouse, surat
kabar, majalah, dll)
· Online Media (website, blog, media
sosial, email, dll)
· Broadcasting Media (radio, televisi,
dll)
· Special Event (seminar,
workshops..dll)
· Outdoor Media - Media Luar Ruang
(spanduk, papan reklame, poster, dll)
Pemilihan
Media
a. Radio
Plus
: penyampaian gagasan sederhana dan langsung, teks luwes (mudah dikoreksi),
punya publik khusus;
Minus
: dialog dan materi kurang variasi, fakta tak bisa dibeberkan lengkap,
melelahkan (suara dan waktu terbatas), hanya bisa didengarkan sekali.
b. Siaran televisi
Plus
: jangkau masyarakat luas, audio visual;
Minus
: biaya mahal, komunikasi satu arah, siaran cepat, daya beli mahal.
c. Surat kabar
Plus
: menjangkau semua lapisan masyarakat, murah;
Minus:
penyampaian berita tergantung penulis (isi sudah benar? mudah dimengerti dan dicerna awam? dll).
d. Media Online
Plus:
Trending, terutama media sosial & blog, menjangkau seluruh lapisan masyarakat,
menjangkau seluruh dunia (internasional), dapat diakses kapan dan di mana saja,
terdokumentasi.
Minus:
butuh akses internet, SDM bidang media online masih terbatas, butuh
keterampilan khusus mengelola & menulis di media online (internet).
Keahlian yang harus dimiliki praktisi humas
Keahlian
yang harus dimiliki praktisi humas ata staf public relations (PR) utamanya
keterampilan komunikasi lisan (public speaking) dan komunikasi tulisan
(menulis). Berikut ini keahlian yang harus dimiliki praktisi humas menurut
Cutlip, Centre, dan Broom dalam Effective Public Relations dalam Komunikasi
Antar Pribadi karya Dra. Yusriah Nasution, M.Pd.
1.
Writing (Menulis)
Menulis adalah keahlian
utama yang harus dimiliki seorang praktisi humas atau petugas PR. Bukan sekadar
tulis-menulis sembarangan; tulisan harus memuat unsur "green
journalism". Tulisan yang biasa dibuat oleh seorang petugas PR bentuknya
sebagai siaran berita atau rilis pers (press release), "surat berita
"(newsletter), korespondensi, laporan, buklet, naskah pidato, naskah radio
dan TV, skrip film, artikel majalah dan buletin, informasi produk, dan
sebagainya.
2.
Editting (Mengedit)
Memeriksa komunikasi
internal dan eksternal dalam bentuk publikasi.
3.
Media Relations (Hubungan dengan Media)
Hubungan dengan media,
memberikan informasi, menanggapi permintaan informasi.
4.
Special Events (Kejadian khusus)
Merancang dan menangani
konferensi pres, pameran, open house, perayaan ulang tahun perusahaan,
pengumpulan dana, konteks, penghargaan, dan sebagainya.
5.
Speaking (Berbicara)
Berbicara mewakili
organisasi atau merancang penampilan orang lain dihadapan publik.
6.
Production (Produksi)
Berkomunikasi dengan
menggunakan keterampilan dan pengetahuan tentang multi media; termasuk seni
fotografi, layout brosur,buklet, iklan institusional, publikasi periodikal,
rekaman dan audit suara serta video tape, presentasi audio visual, dan
lain-lain.
7.
Research (Penelitian)
Mengumpulkan
informasi sehingga memudahkan organisasi untuk merencanakan program sesuai
kebutuhan publik, monitoring efektivitas program Humas selama pelaksanaan dan
evaluasi dampaknya.
8.
Programming & Counselling
Program
dan bimbingan yang menentukan kebutuhan, prioritas, tujuaj, publik, sasaran dan
strategi, bekerja sama dengan manajemen atau klien untuk proses pemecahan
masalah.
9.
Training
Melatih atau bekerja sama dengan
wakil-wakil organisasi untuk membuat persiapan menghadapi media, presentasi dan
pemunculan publik lainnya.
10. Management
Kegiatan administrasi operasi fungsi
Humas, personalia, keuangan dan program.
Fotgrafi
merupakan alat humas yang sering digunakan banyak orang. Maraknya media sosial
menjadi salah satu bentuk kebangkitan kembali dunia fotografi. Mengapa
demikian? Dengan adanya media sosial yang bervariasi bisa mengakomodasi foto
sebagai media berita, dokumentasi, bisnis, hingga bahan perbincangan interaksi
online. Kehadiran media sosial lebih dari sekedar pemenuhan kebutuhan informasi,
juga digunakan sebagai sarana hiburan atau pengisi waktu luang (Nugroho, 2017).
Salah satu fenomena yang dapat kita amati adalah pada penggunaan Instagram,
yang mana platform media sosial ini mengutamakan penggunaan foto sebagai
basisnya, sehingga setiap pengguna akan berlomba-lomba untuk memuat hasil
jepretan mereka di sosial media ini. Belum lagi dilihat dari banyaknya
penggunaan profile picture di setiap platform media sosial, atau postingan foto
eksklusif yang juga ikut mendongkrak industri telepon genggam untuk
berlomba-lomba memasangkan kamera canggih terkini untuk unit-unitnya.
Pada
jaman dahulu, fotografi merupakan kegiatan yang hanya dapat dikerjakan oleh
orang-ornag yang memiliki kompetensi di bidang tersebut. Namun saat ini dengan
adanya perkembangan teknologi, fotografi sudah bukan menjadi hal yang sulit
dilakukan oleh semua kalangan. Proses komunikasi dan berinteraksi juga semakin
dimudahkan dengan adanya teknologi, salah satunya melalui fotografi. Siapa yang
menyangka bahwa foto-foto yang diatur sedemikian rupa, foto yang dipilih dan
diunggah pada media sosial merupakan salah satu cara seseorang berkomunikasi,
misalnya orang-orang yang seringkali mengunggah foto-foto travelling secara
tidak langsung menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki jiwa petualang, cinta
dengan alam dan berbagai pesan lain yang ingin disampaikan.
Mengapa
fotografi bisa disebut dengan seni berkomunikasi? Fotografi memiliki kelebihan,
salah satunya adalah mampu merekan peristiwa, momen-momen yang aktual, dapat
dipercaya dan mengandung nilai, sehingga fotografi dapat berfungsi sebagai alat
komunikasi berbasis visual. Fotografi memiliki kemampuan untuk menceritakan
suatu peristiwa dengan real dan apa adanya, sehingga dari sinilah fotografi
juga bisa digunakan sebagai media berekspresi. Hal tersebut diperkuat oleh
Nugroho (2017) yang menyatakan bahwa penyajian visual berperan besar pada
pembentukan opini publik, oleh karena itu para fotografer jurnalistik maupun
fotografer seni pernah meyakini bahwa fotografi dapat berperan dan bertanggung
jawab dalam pembentukan masyarakat yang ideal.
Selain
itu fotografi ini di gunakan untuk bisnis. Peluang usaha fotografi selalu ada
dan bertambah pesat meski hampir semua orang sudah punya kamera HP. Faktanya,
pengusaha fotografi yang cerdik malah bisa menangkap kondisi saat ini sebagai
peluang untuk melipatgandakan usahanya. Sekarang saya akan mengajak anda
membahas tiga hal berikut. Anda bisa lompat xke salah satu bagian yang anda
suka.
Peluang
Usaha Fotografi di Era Sekarang. Memulai Fotografer Freelance, kenapa tidak?
Bisnis Fotografi Peluang Usaha Fotografi di Era Sekarang. Berikut ini peluang
udaha foto yang tetap menghasilkan banyak uang utntuk anda
1.
Membuka cetak foto dan studio foto
digital
Smartphone seperti
sekarang ini usaha cetak foto makin laris. Bayangkan saja, makin banyak orang
yang memfoto anaknya yang balita lalu mencetaknya untuk di pajang. Mereka punya
lebih banyak foto untuk dipilih kanx?
Saat ini banyak yang
membutuhkan cetak foto formal ukuran 3×4 atau 4×6, kebutuhannya untuk melamar
kerja, mendaftar sekolah, dan hal sejenis lainnya. Nah Anda bisa membuka usaha
jenis ini. Saran saya, Anda cetak saja secara digital lewat printer yang bagus.
Waktunya cepat, 5 menit saja, dan biayanya juga hemat.
2.
Membuka usaha foto box
Nah tahukah Anda kalau
di mall-mall banyak foto box. Mereka menyewakan jasa foto dan aksesoris untuk
berfoto lucu. Ini sangat disukai anak-anak muda jaman sekarang lho.
3.
Bekerja sama dengan Event Organizer atau
Wedding Organizer
Oke, ini memang sudah biasa. Namun,
mau bagaimana lagi inilah segmen di mana bisnis fotografi sangat laris. Yup
fotografer acara harganya memang mahal. Misalnya saja prewedding.
Peluang
usaha fotografi
Pemilik
acara rela membayar mahal agar acara mereka terekam dengan sempurna. Nah profesionalisme Anda
bisa menangkap peluang ini kan? Lebih bagus lagi kalau Anda bekerja sama dengan
pebisnis event organizer, bakal banyak acara yang Anda foto.
ingin
tahu lebih banyak tentang event organizer? yuk baca : Peluang usaha event
organizer
Cara
Memulai Usaha Fotografi
Sekarang
ini dunia fotografi sangat melejit dan pesat. Hal ini tidak seperti zaman
dahulu yang masih tetap dimonopoli dengan fotografer professional. Namun untuk
saat ini, justru banyak peluang usaha fotografi yang didasari oleh
keingintahuan dan hobi. Dengan niat yang tinggi, maka akan menjadi peluang
tersendiri.
1.
Belajar Fotografi
Anda
berminat? Mengawalinya dengan belajar Teknik fotografi. Karena Teknik fotografi
kini dapat dipelajari dan semakin luas. Teknik fotografi terbilang mutlak untuk
diketahui oleh para fotografer. Triangle Photography atau Segitiga Fotografi
adalah pelajaran yang harus diketahui oleh seorang fotografer.
Terdapat
3 elemen utama dalam Segitiga Fotografi tersebut, yakni Shutter speed,
Aperature, dan ISO. Ketiganya sangat berperan dalam dunia fotografi. Semua
jenis kamera memiliki shutter atau sering disebut dengan tirai, serta kecepatan
membuka dan menutupnya disebut shutter speed. Ini berkaitan dengan blur dari
hasil fotografi. Karena shake dan cahaya yang terlalu banyak akan mempengaruhi
kualitas dan hasil dari fotografi tersebut. Selain itu juga ada Aperature atau
tingkap yang terdapat pada lensa pembentuk. Dan dapat dibuka lebar maupun
kecil. Yang ketiga adalah ISO yang berkenaan dengan kepekaan sensor sebuah
kamera. Dimana sensitivitas kamera akan sangat berpengaruh dengan hasil gambar
yang didapatkan.
2.
Makin Ahli Dengan Membuka Usaha
Niat adalah hal
utama untuk memulai usaha di bidang Fotografi ini. terlebih bila memang sudah
menjadi hobi bagi anda. Maka akan memberikan kemudahan dan keingintahuan yang
sangat tinggi. Belum lagi daya kreatifitas yang terus terjaga dengan didasari
media dan wawasan yang mumpuni, karena ketika seseorang sudah mencintai dunia fotografi,
maka secara otomatis akan tertanam keingintahuan dan bahkan menjadi hobi yang
luar biasa memberikan keindahan tersendiri. Kepuasan menjadi kunci sukses untuk
memulai usaha menggiurkan yang satu ini.
Fotografer
Freelance
Dengan anda sudah mencintai suatu hobi
dan ingin terus berkarya, kenapa tidak bila mencobanya untuk juga menjadi
peluang bisnis??. Dengan tekat kuat dan berani untuk menjadi professional dan
mengedepankan profesionalitas, maka anda dapat memulai usaha dengan menerima
tawaran-tawaran yang akan melatih tingkat profesionalitas anda, seperti tawaran
pre-wedding, wisuda taman kanak-kanak, foto ijazah, dan lain sebagainya.
Banyak hal yang dapat anda manfaatkan
untuk mengasah banyak hal yang berkaitan dengan fotografi. Karena anda akan
semakin semangat bila pundi-pundi rupiah yang anda dapatkan sebanding dengan
kerja keras dan didasari dengan hobi serta tulus ikhlas. Selain itu, pengalaman
baru adalah prestasi lanjutan untuk meraih profesionalitas. Karena dengan kerja
keras, anda akan dapat menjamu diri dengan kreatifitas tanpa batas. Selain itu
juga jangan pernah takut untuk mencoba. Hal ini yang akan menjadi tombak anda
dalam menyukseskan diri dalam dunia fotografi.
3.
Menjadi Fotografer Freelance
Memulai usaha fotografi
dengan menjadi fotografer freelance tidak ada salahnya bukan??. Bila dengan
mengawali karir dari ‘nol’ dapat memberikan kisah kesuksesan yang luar biasa
pasti akan menjadi cerita mengesankan bagi anda yang tidak ada duanya. Tidak
ada yang mulus, namun juga dapat menjadi pelajaran luar biasa untuk dapat terus
berkarya dan akan tetap mencoba hal-hal baru.
cara mulai usaha fotografi
Apabila anda sudah dapat mengumpulkan
modal, anda juga sudah bisa memulai usaha yang lebih mempesona. Dengan membuka
studio foto yang professional dengan
asam garam yang sudah anda jalani sebelum memiliki studio foto tersebut. Jadi,
akan lebih bermakna dan membanggakan untuk diri anda. Bisa juga disebut dengan
naik kelas. Jadi, karena raport perjalanan karir anda yang gemilang, akan
menunjang anda untuk memulai usaha studio foto dengan jauh lebih matang lagi
dan dapat menjadi arti tersendiri.
4.
Kualitas Tetap Nomor satu
Semuanya
akan terwujud jika anda memang memiliki kualitas yang memang tidak perlu
diragukan lagi. Profesionalitas akan anda dapatkan melalui berbagai hal yang
anda dapatkan dari perjalan karir yang sama sekali tak akan anda dapatkan
kecuali di perjalanan hidup anda.
Keberhasilan
yang akan anda dulang sangat berpengaruh oleh kualitas yang memang anda miliki.
Semakin anda mengepakkan sayap wawasan, pengetahuan, serta ilmu, maka seiring
pula harapan untuk mendulang kesuksesan tersebut. Untuk itulah, jangan pernah
takut bermimpi, dan segera wujudkan. Jadikan dunia Fotografi berada di tangan
anda.
Pers alat ini
berkaitan dengan posisi saya sebagai fasilitator komunikasi dengan baik. UU No
40 tahun 1999 tentang Pers. Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi
massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh,
memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk
tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam
bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala
jenis saluran yang tersedia. Komunikasi public relations dengan pihak
pers menjadi salah satu kegiatan yang penting. PR berperan dalam
memberikan informasi kepada masyarakat untuk memperoleh dukungan dan
kepercayaan melalui kegiatan Hubungan Pers (perss Relations/Media
Relations) yaitu membina hubungan baik dengan kalangan pers. Sebagai pihak yang
mengelola media baik cetak maupun elektronik, pers memiliki pengaruh dalam
pembentukan citra dan opini masyarakat.
Praktisi PR
betanggung jawab membuat berbagai media komunikasi. Tujuannya sebagai sarana
komunikasi dua arah(feedback) dengan publiknya. Melalui media komunikasi
tersebut, kegiatan kegiatan dan program public relations bisa menyebar dan
dipahami pihak eksternal. Pihak eksternal bisa lebih mengerti tentang program apa
yang akan dijalankan praktisi pr sehingga menimbulkan feedback yang positif.
Tak hanya dengan pihak eksternal, pihak pers lebih berperan penting dalam
penyebaran informasi maupun pemberitaan di media. Untuk itu Praktisi PR harus
tetap menjaga komunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan pers agar pers
dapat dengan mudah menghubungi PR untuk mendapatkan informasi yang jelas dan
sesuai sehingga meminimalisir kesalahan berita yang dimuat di media massa.
Aktivitas
menulis atau membuat produk produk tulisan yang di desain untuk membangun dan
menjaga hubungan positif dengan stakeholder dapat mempengaruhi citra
organisasi, karena itu tujuannya adalah menginformasi dan mempengarusi sikap
dan perubahan perilaku public. Aktivitas ini harus didukung dengan terjalinnya
hubungan yang baik dengan pihak media atau pers. Dalam upaya membina hubungan
baik dengan pers maka PR harus mengerti tentang media massa itu
sendiri.Misalnya bagaimana surat kabar atau majalah itu diterbitkan atau
bagaimana proses produksinya. Apabila seorang public relations sudah mengenal
atau mengetahui tentang media pers tesebut maka hubungan yang terjalin
akan lebih baik dan meberikan dampak yang positif dan publikasinya,karena
pers sebagai sarana publikasi PR.
Upaya untuk
mengembangkan usaha dan bisnis, dapat ditempuh melalui berbagai cara. Salah
satu caranya adalah dengan memanfaatkan media massa yang sudah terkenal.
Menggunakan media massa atau pers sebagai perantara promosi sangat efektif dalam
membangun perusahaan yang lebih maju dan dikenal luas
Anda memiliki
banyak ide kreatif yang luar biasa dan memulai (untuk real, akhirnya) bisnis
baru anda. Atau anda meluncurkan sebuah buku, atau bahkan layanan baru di dalam
peruahaan yang sudah ada. Dengan melalui pers anda mungkin bisa menarik
beberapa untuk mendapatkan sebuah acara yang akan merayakan orestasi anda,
mengeluarkan sebuah blog atau video laintentang hal itu.
Sangat mudah
untuk membayangkan bagian selanjutnya, anda memiliki (hampir) tidak ada uang
yang tersisa dan sama sekali tidak berhubungan dengan blogger dan jurnalis.
Jadi sekarang apa ? anda mungkin bertanya pada diri sendiri : Bagaimana saya bisa mendapatkan liputan
pers? bagaimana saya bisa membagikan berita saya ke seluruh dunia tanpa
menghabiskan anggaran pemasaran bisnis saya ? semua jawaban terbaik
mengarah kea rah yang sama: layanan penulisan siaran pers mewakili kunci untuk
promosi diri yang efisien dan terjangkau. Siaran pers memberikan hasil yang
luar biasa unttuk hampir semua bisnis, terlepas dari ukuran, margin keuntungan,
profil an industrinya ;yang berarti bahwa jenis konten ini juga bisa bekerja
seperti sihir untuk anda. Ini membawa kita ke pertanyaan berikutnya: apa sebenarnya yang anda harapkan dari layanan
pelayanan pers kelas dunia ?. Sebagai funsi yang menjadikan pedia massa sangat
bermanfaat. Dalam pasal pasal 33 UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsi pers
yaitu sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial.
Sedangkan Pasal 6 UU Pers Nasional melaksanakan peranan sebagai berikut:
Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui
menegakkan nilai nilai dasar demokrasi dan mendorong terwujudnya supremasi
hukum dan HAM. Pers juga harus menghormati kebinekaan mengembangkan pendapat
umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar melakukan pengawasan.
Sebagai pelaku Media Informasi
1.
Pers sebagai Media Informasi
Fungsi
pers yang penting yaitu sebagai media informasi, karena masyarakat memerlukan
informasi mengenai berbagai hal yang diperlukan dalam hidupnya, baik itu
informasi ekonomi (bisnis), politik, hobi, atau bidang-bidang lainnya yang
berguna. Informasi yang disajikan oleh pers adalah informasi yang telah
diseleksi dari berbagai berita yang masuk ke meja redaksi, dari berbagai sumber
yang dikumpulkan oleh para reporter di lapangan. Pers berfungsi positif dalam
mendukung kemajuan masyarakat, dan memiliki tanggung jawab menyebarluaskan
informasi tentang kemajuan dan keberhasilan pembangunan kepada masyarakat. Di
dalam hal ini media berfungsi sebagai sarana konunikasi dari media itu sendiri
kepada masyarakat luas.
2.
Pers sebagai Media Pendidikan
Ini
mempunyai arti bahwa informasi dari pers yang disebarluaskan melalui media juga
mempunyai fungsi untuk mendidik, mencerdaskan, mengandung kebenaran, dan bisa
mendorong untuk berbuat kebaikan. Pers sebagai media pendidikan (mass
education) juga berguna dalam pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan hidup
manusia. Masyarakat yang secara teratur mencari dan mendapat berita dari media
massa akan bertambah pengetahuan, wawasan, dan tentunya juga ilmu. Dalam
Pembinaan Idiil Pers disebutkan juga bahwa pers harus mampu menghidupkan
prakarsa pelaksanaan demokrasi Pancasila. Intinya informasi yang disampaikan
harus secara objektif dan selektif. Objektif artinya hal yang disampaikan asli
atau tanpa adanya perubahaan sedikit pun oleh wartawan dan Selektif maksudnya
hanya berita yang pantas atau layak disampaikan kepada masyarakat luas. Salah
satu contoh nyata pers bisa berfungsi sebagai media pendidikan ialah banyak
siswa sekolah yang browsing lewat internet untuk mencari materi pelajaran atau
browsing untuk menyelesaikan tugas. Salah satu situs yang membahas tentang
pendidikan yaitu theinsidemag.com
3.
Pers sebagai Media Entertainment
(Hiburan)
Di
dalam Undang-Undang No 40 Tahun 1999 pasal 3 ayat 1 dinyatakan bahwa salah satu
fungsi pers yaitu sebagai hiburan. Hiburan yang diberikan pers patutnya tidak
keluar dari aturan yang berlaku. Hiburan yang sifatnya mendidik atau netral
jelas diperbolehkan, dan yang melanggar nilai agama, HAM, moral, atau peraturan
lain tidak diperbolehkan. Fungsi pers sebagai media hiburan tentu bukan hanya untuk
menimbangi berita yang berat, tetapi memang menjadi kebutuhan dasar manusia
bahwa hiburan itu perlu dan harus dipenuhi. Hiburan tersebut bisa diperoleh
dari media elektronik maupun cetak.Atau bisa mencari hiburan dengan mendengar
radio, melihatnya melalui televisi, browsing di internet, melihat video
youtube, dan lainnya. Artinya memang pers berfungsi juga sebagai media hiburan.
5.
Pers sebagai Media Kontrol Sosial
Pers
sebagai media kontrol sosial yaitu memiliki fungsi untuk mengontrol,
mengkoreksi, mengkritik sesuatu yang sifatnya konstruktir, artinya sesuatu yang
membangun bukannya merusak atau destruktir. Fungsi kontrol sosial tergantung
dari wartawannya, karena tidak semua berita memiliki fungsi kontrol sosial.
Wartawan yang mempunyai kebebasan memasukan kontrol sosial di dalam berita yang
dibuat. Pers semestinya bisa melaksanakan kontrol sosial guna mencegah
terjadinya penyalahgunaan kekuasaan, entah itu KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme)
maupun penyimpangan dan penyelewengan dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan
negara. Kehadiran pers disini untuk memperbaiki keadilan, kontrol sosial yang
dilakukan media massa sangat penting. Pers menginformasikan berita buruk agar
peristiwa itu tidak terulang kembali sehingga kesadaran berbuat baik dan taat
peraturan semakin tinggi. Sehingga tujuan koreksi, kritik, dan kontrol adalah
untuk kepentingan umum, bangsa/negara dan pembangunan.
6.
Pers sebagai Lembaga Ekonomi
Zaman
sekarang pers tidak hanya sebagai media informasi, tetapi juga merupakan
lembaga ekonomi. Sebagai lembaga ekonomi media massa tidak hanya bertujuan
untuk menghidupi penerbit media massa sendiri, tetapi juga untuk meraup
keuntungan (untuk bisnis). Pers tumbuh menjadi industri media yang mampu
mendapatkan dan menyerap lapangan kerja yang cukup menggiurkan dan menciptakan
keuntungan yang tidak sedikit.Tetapi yang kita harapkan di pers bahwa
seharusnya pers berorientasi kepada kepentingan publik daripada kepentingan
bisnis. Karena aerdapat pendapat bahwa sebagian besar surat kabar dan majalan
di Negara ini menjadikan pembaca sebagai mangsa pasar dan komoditas untuk
menarik pembaca. Perilaku ini menjadikan keuntungan materi sebagai tujuan akhir
pers.
Alat
humas selanjutnya yaitu film yang menjadi unsur peranan penting dalam
berbisnis. Film bagi humas merupakan media komunikasi, instruksi, riset dan
sebagainya. Melalui film humas dapat menyampaikan pesan-pesannya. Tidak hanya
film documenter, film cerita pun merupakan media yang efektif. Semuanya
mengajak masyarakat untuk memaklumi kelemahan-kelemahan profesionalnya,
menghargai kejujuran, dan bertepuk tangan atas pengorbanannya. Artinya kembali
tujuan film itu adalah membentuk image positif. Banyak cara-cara kreatif yang
dilakukan untuk mencapai tujuan marketing. Untuk itu, belajar marketing nggak
cukup dari buku saja. Selain buku, ada beberapa media lain yang bisa kita pilih
untuk mempelajari dunia marketing. Film adalah salah satunya.Dari film tentang
marketing, kita akan mendapat sudut pandang dan gagasan baru yang bisa
dipelajari. Film tentang marketing bisa jadi materi pembelajaran yang
menyenangkan. Kalau kamu tertarik belajar dunia marketing dari film, yuk
belajar marketing film Door to Door [2002].
Billy Porter adalah seorang pemuda
yang punya masalah tulang belakang dan kelumpuhan otak. Walaupun begitu, dia
selalu didukung oleh ibunya. Dia melamar ke berbagai perusahaan tapi selalu
ditolak sampai dia diterima di Watskin Company dengan posisi sebagai salesman.
Billy menawarkan produk dari rumah ke rumah atau dikenal dengan istilah door to
door. Mendapat berbagai penolakan, Billy nggak menyerah sampai dia berhasil
mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Namun masalah datang saat kondisi
kesehatannya mengharuskannya berhenti menggunakan cara door to door. Perjuangan
Billy untuk menjual produk adalah kisah sekaligus pelajaran yang sangat
berharga untuk disimak.
Nah,
itulah alat-alat humas yang bisa saya paparkan semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog saya jika informasi kurang puas saya mohon maaf.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar