HARUS SEMANGAT!! J
Macam-Macam
Humas
28 April 2020
Assalamualaikum
Wr. Wb kawan jumpa lagi nih dengan Dwi putri lailatul isnaini, gimana kabarnya?
Semoga sehat selalu kawan ...Amiiin. Di tengah pandemi Covid -19 sekarang ini
kelas kami mengadakan kuliah online dengan mata kuliah Public Relation. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid -19 Kegiatan
Belajar Mengajar di liburkan. Jangan
senang dulu!, yang libur itu sekolahnya tapi belajarnya tetap dengan adanya
tugas yang di berikan Dosen kepada mahasisiwanya. Kuliah online ini bertujuan
agar mahasisiwa tetap mendapatkan ilmu yang dapat di pelajari saat di rumah
dengan menggunakan aplikasi zoom. Kuliah online ini di adakan pukul 11.00 WIB
sang dini hari. Langsung saja yuk simak dulu hasil dari materi yang di
sampaikan oleh dosen kami dengan judul macam-macam humas.
Pada
kesempatan kali ini kuliah kelas kami mendapatkan materi macam-macam humas, ada
beberapa penjelasan yang dapat saya fahami dari perkuliahan tadi siang. Selamat
membaca J J.
Macam-macam
humas ada beberapa macam sebagai berikut:
1.
Humas Pemerintahan
2.
Humas Industri dan Bisnis
3.
Humas Sosial
4.
Humas Organisasi Internasional
Humas Pemerintahan
Humas dalam
pemerintahan ini pada dasarnya tidak bersifat politis. Bagian humas di
institusi pemerintahan dibentuk untuk mempublikasikan atau mempromosikan
kebijakan-kebijakan mereka. Tugas pemerintah memang sangat berat, sebab
masyarakat yang dihadapi terdiri dari berbagai publik dengan kepentingan yang
sangat komplek pula. Hal ini memang tidak lepas dari “karakteristik” yang
meletak dalam setiap program/kegiatan pemerintah, antara lain sebagai berikut:
a.
Program pemerintah ditunjuk untuk masyarakat luas. Dengan
berbagai latar belakang, karakter, ekonomi, pendidikan (intelejensi) yang
beragam.
b.
Sering kali hasilnya abstrak, yang sulit dilihat dalam
waktu dekat, bahkan dalam jangka yang panjang sekalipun, karena sifatnya yang
integral dan berkesinambungan.
c.
Program pemerintah selalu mendapat
controlling/pengawasan dari berbagai kalangan terutama pers, Lembaga Swadaya
Masyarakat, dan sebagainya.
Kebanyakan
humas pemerintah diarahkan untuk hubungan dengan media, masalah umum,
dokumentasi dan publikasi. Sementara itu, kegiatan-kegiatan yang biasanya
ditangani oleh humas antara lain adalah konferensi pers, membuat pers release,
press clipping, pameran-pameran, penerbitan media interen, mengorganisir
pertemuan dengan masyarakat, penerangan melalui berbagai media komunikasi bagi
masyarakat, mendokumentasi berbagai kegiatan instansi, mengorganisir
kunjungan-kunjungan para pejabat, menerima keluhan masyarakat/publik.
Humas Industri dan Bisnis
Dalam
hal ini Humas industri dan bisnis telah diterima oleh perusahaan-perusahaan
besar. Humas disana merupakan fungsi menejemen yang turut menentukan suksesnya
operasi suatu perusahaan. Humas dalam industri dan bisnis berkembang sering
dengan masyarakat terhadapp keputusan-keputusan yang dibuat oleh manajement
terutana didalam industri dan bisnis.Kesadaran masyarakat tentang pengaruh
keputusan industri dan bisnis terhadap hal-hal diatas dan masyarakat sebagai
sasaranmarket industri dan bisnis di sisi yang lain, menimbulkan kesadaran
kalangan industri dan bisnis untuk ikut memperhatikan danmelibatkan peranan
masyarakat terhadap keputusan mereka.
Masyarakat
dapat digunakan oleh industri untuk mempengaruhi legislative, pengesahan
undang-undang uatau peraturan, usaha-usaha lobi masyarakat, liputan pers,
komentar editorial, surat pembaca ataupun dalam usaha pemberitahuan kepada
cabang-cabang perusahaan. Beberapa penerapan humas dalam industri dan bisnis
meliputi ; hubungan dengan pelanggan dan peran humas terhadap marketing yang
pada akhirnya melahirkan peraturan marketing PR (MPR), hubungan pemegang saham,
hubungan dengan karyawan, hubungan dengan pers, bantuan untuk merekrut pegawai
baru, hubungan dengan komunitas, hubungan antar perusahaan/organisasi lain,
hubungan dengan pemerintahan (legislatif dan eksekutif).
Humas Sosial
Banyak
aktivitas humas yang menyangkut kesejahteraan umum terpisah dari
implikasi-implikasi komersial yang biasa. Berikut ini beberapa praktik humas
dalam organisasi-orgganisasi sosial, latar belakang, dan penerapan-penerapannya.
a.
Humas Penegak Hukum
Termasuk
dalam hal ini humas yang berada dalam kepolisian. Penegak hukum perlu
mendengarkan dan tanggap terhadap kepentingan umum supaya mereka dapat membantu
masyarakat dengan baik.
b.
Humas Organisasi Keagamaan
Organisasi-organisasi
keagamaan sekarang mulai menyadari pentingnya media masa untuk mencapai para
jamaah dari mempropagandakan doktrin-doktrin mereka.
c.
Humas Profesi
Profesi
kedokteran, profesi pengacara, profesi wartawan, profesi artis dan sebagainya,
juga tidak kalah dalam menggunakan pendekatan humas untuk berkomunikasi dengan
masyarakat.
d.
Humas Organisasi Sukarela
Ada
banyak organisasi sukarela, puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan, dan
kebanyakan mereka membutuhkan dana terus menerus. Sehingga dapat dikatakan
pencarian dana merupakan tujuan pokok dari organisasi ini, dana ini nantinya
untuk membiayai kerja sosial, keseahami dalm materi jahteraan masyarakat, dan
hal-hal lainnya. Menerbitkan majalah internal, surat edaran,
selebaran-selebaran, publikasi, kop surat, dan sebagainya. Citra organisasi
sosial sangat penting bagi kesuksesan baik dalam menarik dana bantuan ataupun
menjamin kerjasama dari para pekerja sukarela. Disitulah perlunya organisasi
sukarela memerlukan nasehat ahli humas dan menggunakan pendekatan kehumasan.
Humas
Organisasi Internasional
Lahirnya
humas internasional disebabkan oleh adanya perubahan sangat cepat di dalam
segala bidang, misalnya perkembangan bidang pariwisata, bidang komunikasi,
transportasi, tukar menukar dibidang pendidikan seperti pertukaran dosen dan
mahasiswa, timbulnya masalah internasional, dalam bidang ekonomi, politik dan
sebagainya. Petugas humas akan di rekrut dari berbagai negara untuk menghindari
bias. Media yang biasa digunakan adalah pers, film, konferensi,study group, dan
sebagainya. Jelas bahwa aktivitas humas tidak dapat dibatasi oleh
batasan-batasan Negara.
Udah
dulu ya kawan itu hasil review hasil kuliah Public
Relation. Mungkin sedikit yang dapat
saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua JJ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar